Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kepala Perpusnas Puji Perpus Samarinda, Dibangun Mewah karena Akan Jadi Penunjang IKN

Kompas.com - 24/10/2022, 13:45 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando menyebut Perpustakaan Kota Samarinda sebagai yang terbaik dari puluhan perpustakaan lain yang telah dia resmikan.

Syarif mengatakan, gedung Perpustakaan Samarinda dibangun mewah karena hanya satu di Samarinda. Sebab, perpustakaan yang dibangun di perguruan tinggi hanya milik mahasiswa dan civitas akademik di kampus.

“Kalau Perpustakaan Samarinda milik masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim), bukan hanya masyarakat kota Samarinda. Insya Allah Kaltim menjadi Ibu kota negara (IKN) yang akan dikunjungi pengunjung domestik dan wisatawan internasional,” katanya melansir akun Instagram @pemkot.samarinda, Senin (24/10/2022).

Dia mengatakan itu dalam peresmian gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum kota Samarinda di Jalan Kesuma Bangsa, Selasa (20/9/2022).

Syarif juga menilai, kehadiran Perpustakaan Samarinda yang mewah tersebut adalah persiapan Kota Samarinda sebagai penunjang IKN.

Baca juga: Walkot Samarinda Kumpulkan Semua Lurah secara Daring, Ada Apa?

Dia pun memuji kebijakan pemerintah pusat dalam memfasilitasi infrastruktur untuk mengimplementasikan dan mempercepat terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang maju dan dapat disaksikan di Kota Samarinda.

“Saya bangga sekali dan apresiasi pemerintah pusat. Dari sekian puluh perpustakaan yang kami resmikan, yang terbaik adalah Kota Samarinda,” ujarnya.

Syarif juga mengapresiasi pembangunan perpustakaan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang terbatas dan kolaborasi luar biasa dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda.

“Dengan DAK terbatas, ternyata Pak Wali Kota Samarinda yang juga seorang arsitek luar biasa ini menyumbangkan Rp 14 miliar (APBD kota),” ungkapnya.

Peresmian tersebut turut dihadiri Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Wakil Wali Kota Samarinda Dr Rusmadi, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Syafranuddin, dan Kepala DPK Kota Samarinda Erham Yusuf.

Baca juga: Lewat GNPIP, Walkot Samarinda Berkomitmen Kendalikan Inflasi Cabai

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti dilanjutkan peninjauan gedung dan digelar secara offline dan online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com