Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Walkot Samarinda Akui Tertarik Jadi Dosen Tidak Tetap Universitas Terbuka

Kompas.com - 24/10/2022, 12:18 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Samarinda Andi Harun mengaku tertarik menerima tawaran Rektor Universitas Terbuka (UT) Jakarta Ojat Darojat untuk menjadi pengajar di Fakultas Hukum.

"Saya dikasih pilihan untuk menjadi dosen tetap atau tidak tetap, tetapi saya mempertimbangkan untuk menjadi dosen tidak tetap," katanya saat menerima kunjungan akademisi dari UT di ruang Prioritas Anjungan Karang Mumus Balai Kota Samarinda, Selasa (18/10/2022).

Untuk diketahui, Andi merupakan politisi yang bergelar doktor pada Program Studi Bidang Ilmu Hukum di Universitas Muslim Makassar.

Oleh karenanya, mantan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) itu pun tertarik menyalurkan disiplin ilmu yang dia pelajari selama ini karena sangat ingin membantu di bidang pendidikan.

Pada kesempatan itu, Andi juga mempersilahkan UT untuk segera mengurus perizinan terkait pembangunan kampus baru seluas lebih kurang 2 hektar (ha).

Baca juga: Wali Kota Samarinda Harap IKN dan Daerah Penyangga Bisa Tumbuh Bersama

Rencananya, kampus baru tersebut akan dibangun di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang atau di depan hotel Harris Samarinda.

Andi menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan menyiapkan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan itu yang nantinya paling sedikit 30 persen dari luas lahan 2 ha.

"Mudah-mudah dengan perpindahan gedung tersebut UT akan semakin optimal dalam melayani masyarakat," harapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/10/2022).

Adapun kedatangan rombongan dari UT adalah untuk bersilaturahmi dan menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemkot Samarinda,

"Kami juga memohon izin kepada walkot untuk membangun gedung baru di Jalan Untung Suropati Samarinda dengan tujuan mengoptimalkan tugas dalam melayani masyarakat karena terletak di jantung kota," jelas Ojat.

Baca juga: Pembangunan IKN, Wali Kota Samarinda: Jangan Sampai Memobilisasi Tenaga Kerja dari Luar Kaltim

Ojat juga mengajak orang nomor satu di Samarinda itu bergabung bersama UT sebagai dosen untuk mengajar di Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Politik.

Sebab, kata Ojat, dua fakultas tersebut, terutama di bidang Ilmu Hukum, saat ini memiliki peminat yang sangat banyak.

Adapun Ojat hadir didampingi Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)  UT Samarinda Rusna Ristasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com