Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balas Surat Siswa SDN Sugihan 03, Ganjar Langsung Datangi Sekolah

Kompas.com - 20/10/2022, 17:19 WIB
Dian Ade Permana,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Surat para siswa SD Negeri Sugihan 03 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang ditujukan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapat respons. Ganjar membalas surat para siswa dengan datang langsung ke sekolah yang berada di tengah persawahan tersebut.

Seperti diketahui, 26 siswa SD Negeri Sugihan 03 pada Senin (10/10/2022) mengirim surat untuk Ganjar. Kebanyakan isi surat para siswa tersebut menceritakan kondisi sekolahan yang memprihatikan, terutama fasilitas pembelajaran yang minim.

"Kemarin itu ada yang menulis surat ke saya. Intinya kalau saya lihat dari bahasa suratnya itu kok ya ngeri gitu, tolong bantu kami, saya pikir sekolahnya jelek sekali. Ternyata tidak terlalu jelek, tapi kita cek memang ada beberapa fasilitas rusak," kata Ganjar, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: Pernyataan Ganjar Siap Jadi Capres Dianggap Respons atas Deklarasi Anies Baswedan

Mengenai fasilitas yang rusak, Ganjar mengatakan akan segera diperbaiki. "Pemerintah Kabupaten Semarang sudah menyiapkan anggaran untuk perbaikan tersebut," jelasnya.

Namun masih ada persoalan lain yang harus diselesaikan yaitu terkait jaringan listrik. "Jaringan listrik belum masuk. Kayaknya perlu dibantu untuk yang ini. Terus fasilitas kalau setiap tes sulit nanti kita coba bantu beberapa laptop agar bisa membantu kelancaran," ujarnya.

Pada saat mengecek sekolah itu, Ganjar masuk ke kelas-kelas. Di salah satu kelas, Ganjar bertemu dengan Mitha Aryani, salah satu siswa yang juga menulis surat.

"Saya senang karena anaknya berani. Saya tanya siapa yang menulis surat, saya pak, ternyata anaknya berani betul. Itu menurut saya bagian yang bagus ya untuk membikin anak self confidence, berani menyampaikan pendapat, tidak takut, sehingga anak-anak itu dalam konteks pendidikan tidak hanya ilmu pengetahuan yang ia dapat tapi pengembangan dirinya didapat. Maka saya tertarik, tergoda saya dengan suratnya itu sehingga saya bisa datang ke sini," ujarnya.

Mitha Aryani mengaku senang karena suratnya sampai ke Ganjar Pranowo.

"Senang sekali bisa bertemu Pak Ganjar. Saya nulis surat dua pekan lalu, itu saya menulis sendiri. Senang karena kata Pak Ganjar toiletnya akan direnovasi, diperbaiki lagi, dan internetnya juga akan dipasang," ujarnya.

Dalam surat yang ditulis tangan pada selembar kertas itu berisi cerita dan harapan Mitha agar sekolahnya diperbaiki, direnovasi, dan memiliki kelengkapan fasilitas sehingga tidak kalah dengan sekolah lainnya.

Kepala SD Negeri 03 Sugihan, Septina Ika Kadarsih, mengatakan kedatangan Ganjar Pranowo ke sekolah sangat penting.

"Alhamdulillah kekurangan kebutuhan fasilitas sedikit bisa tercukupi, dari laptop yang diberikan Pak Ganjar kepada kami, insyaallah itu akan sangat berguna bagi sekolah kami. Jadi untuk ujian tidak lagi pinjam ke sekolah lain atau fasilitas pribadi guru," katanya.

Septina juga menegaskan bahwa surat yang diterima Ganjar itu betul-betul ditulis oleh anak didiknya. "Anak-anak mengajukan surat tertulis kepada kami, jadi kami fasilitasi untuk dikirim ke Pak Ganjar karena anak-anak di sini tidak terbiasa dengan media sosial, terbiasa surat manual," pungkasnya.

Baca juga: Ganjar: Capres Apa? Aku Ini PDI Perjuangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com