Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Inovasi Pengupas Kolang-kaling Buatan Warga Sumedang Raih Juara Favorit GTTGN XXIII

Kompas.com - 19/10/2022, 20:15 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Inovasi alat pengupas kolang kaling bernama "Kupclang" buatan Wahyu, warga Desa Cisampih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang berhasil meraih Juara Favorit kategori Teknologi Tepat Guna (TTG) pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIII Tahun 2022.

Wahyu didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menerima penghargaan itu dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar di Aston Cirebon Hotel & Convention Center, Rabu (19/10/2022).

Dony mengaku bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh salah satu warganya dalam gelaran inovasi TTG tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Wahyu merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan di tengah masyarakat.

Baca juga: Membanggakan, Pemkab Sumedang Masuk 10 Besar JDIH Terbaik Tingkat Nasional

Alhamdulillah inovasi dari Bapak Wahyu berupa alat pengupas kolang kaling bernama Kupclang berhasil mendapatkan juara di tingkat nasional. Seperti yang kita tahu, di Desa Cisampih banyak memproduksi kolang kaling. Jadi alat ini sangat bermanfaat untuk keperluan warga,” ujar Dony dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Prestasi itu diharapkan Dony bisa menjadi motivasi bagi seluruh warganya untuk berkreasi dan berinovasi mengatasi berbagai persoalan masyarakat.

“Diharapkan hal ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga Sumedang untuk terus berkreasi dan berinovasi melahirkan cara-cara baru melalui teknologi tepat guna dalam mengatasi persoalan masyarakat, khususnya berkaitan dengan ketahanan pangan,” jelas Dony.

Sejalan dengan yang dikatakan Bupati Dony, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman mengaku turut bangga atas hasil karya TTG dari salah satu warga Desa Cisampih tersebut.

Baca juga: Evaluasi Kinerja Pembangunan Pemkab Sumedang, Bupati Dony: IPM Sumedang Peringkat Ketiga Se-Jabar

“Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang. Sebab, keberhasilan inilah yang mudah-mudahan bisa memotivasi warga desa lainnya di Sumedang untuk tetap berkarya demi kemajuan desanya,” ujar Endah.

Sebagai informasi, pada gelaran tersebut, Bupati Sumedang juga mendapat penghargaan atas komitmen dan kerja kerasnya mendorong percepatan pembangunan desa.

Selain Bupati Sumedang, penghargaan juga diberikan kepada Kepala Desa Pamekaran dari Kecamatan Rancakalong atas usahanya mendorong percepatan pembangunan desa mandiri pertama di Kabupaten Sumedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com