Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jelang Pemilu 2024, Kang Emil Imbau Pemangku Kepentingan Jaga Kekondusifan di Jabar

Kompas.com - 13/10/2022, 20:46 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau semua pemangku kepentingan menjaga kekondusifan di Jabar jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Hal ini bisa dimulai dari sosialisasi dan edukasi tentang pemilu. Partisipasi politik masyarakat juga penting untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

Selain itu, lanjut dia, dibutuhkan pula kedewasaan politik agar pemilu tetap berjalan damai meskipun berbeda pilihan.

Pernyataan tersebut Kang Emil sampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Regulasi dan Konsolidasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi dan kabupaten atau kota se-Jabar di Harris Hotel and Convention Festival, Jalan Peta 241 Pasir Koja, Kota Bandung, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Masih Sosialisasi, Pengendara yang Terjaring Operasi Zebra Jaya 2022 Tak Ditilang

Pada kesempatan tersebut, ia meminta KPU Jabar untuk menyiapkan semua peraturan, sehingga semua tahapan pemilu berjalan sesuai prosedur dan tidak ada gugatan di kemudian hari.

“Termasuk aturan mengenai pencalonan kepala daerah dan anggota legislatif harus betul-betul selektif. Dengan begitu, orang yang hendak mencalonkan diri tidak asal asalan memenuhi persyaratan administrasi,” imbuh Kang Emil.

Tak lupa, ia juga menitip pesan kepada KPU Jabar agar melakukan refleksi pemilu dengan terus memperbaiki penyelenggaraan dan dari segi anggaran agar semakin murah.

Baca juga: Jelang Tahun Politik, KPU Jabar Lakukan Sosialisasi Kepemiluan untuk Para Pelajar

"Suatu hari nanti demokrasi ini adalah pilihan yang diterima masyarakat dan menghasilkan progres kualitas pemimpin dan pembangunan yang luar biasa," tutur Kang Emil.

Sebagai informasi, sosialisasi regulasi dan konsolidasi KPU digelar dalam rangka persiapan verifikasi faktual partai politik Pemilu 2024.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com