Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rismayanti Kecewa, Namanya Tercantum Penerima Bansos di Link Kemensos tetapi Tak Dapat BLT BBM

Kompas.com - 11/09/2022, 11:04 WIB
Amran Amir,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com – Seorang warga penerima manfaat bantuan sosial (Bansos) di Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, terdaftar namanya dalam https://cekbansos.kemensos.go.id namun tidak menerima undangan atau panggilan untuk mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Menurut warga Rismayanti (37) mengatakan selama ini ia menerima bantuan sembako namun bantuan untuk pengalihan subsidi BBM tidak ada.

“Di dalam link Kemensos ada nama saya untuk daftar bantuan BBM, tapi surat panggilan untuk pencairan di Kantor Pos tidak ada,” kata Risma saat dikonfirmasi, Minggu (11/9/2022).

Baca juga: Warga Palopo Antre BLT BBM, Nurwahida: Bantuan Ini Sangat Membantu, Semua Harga Naik

Menurut Risma tidak adanya surat panggilan untuk mencairkan Bansos BLT BBM membuat dia bertanya-tanya. Sebab, selama ini dia selalu menerima bantuan sosial seperti sembako.

“Bulan Agustus kemarin saya masih terima Bansos dari Kemensos tapi kenapa saat ada subsidi untuk warga karena harga BBM naik saya tidak dapat, untuk itu saya hanya minta pihak pemerintah untuk menjelaskan hal ini,” ucap Rismayanti.

Sub Koordinator Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Palopo Hidayat Ilyas mengatakan, terkait persoalan nama warga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercantum dalam link Kemensos tetapi tidak mendapat BLT, pihaknya akan mengecek basis data yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dimiliki Dinsos se-Indonesia terlebih dahulu.

Baca juga: Perjuangan Ayu Setyorini untuk Dapatkan BLT BBM, Antre Berjam-jam Sambil Gendong Bayinya

“Kiblat kita adalah DTKS. Nah jika ada yang krusial dijumpai di link kami akan koordinasikan Dinsos untuk memastikan bagaimana history dan dinamika KPM itu dalam data DTKS, yang dibayarkan oleh PT Pos adalah yang sesuai dengan by name by address yang diterima oleh PT Pos cabang Palopo dari pusat yaitu data bayar, inilah yang didistribusikan oleh PT Pos Indonesia kepada Dinas Sosial,” ujar Hidayat.

Data Dinas Sosial Pemerintah Kota Palopo, tercatat sebanyak 7.694 keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan BLT BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com