Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Selesai Tahun Ini, Gibran Sebut PKL Bisa Langsung Tempati Selter Manahan Solo

Kompas.com - 05/09/2022, 15:02 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) bisa langsung menempati selter Manahan Solo, Kompleks Stadion Manahan tanpa harus menunggu selesainya perhelatan Piala Dunia U-20.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 akan dihelat pada 20 Mei - 11 Juni 2023 mendatang. Stadion Manahan Solo terpilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan. Selama pelaksaan, di sekitar lokasi harus steril dari aktivitas PKL.

"Bisa (ditempati). Nanti koordinasi sik. Bisa, bisa (ditempati)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Orangtua Pelaku Balap Liar Flyover Purwosari Solo Temui Gibran: Minta Maaf Perbuatan Anaknya

Pembangunan selter Manahan Solo berkonsep food court berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan dan area parkir ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Ada sebanyak 132 tempat yang disiapkan untuk PKL kuliner di sepanjang Jalan KS Tubun Manahan. Pedagang bisa menempati lokasi yang baru, kemudian pada penyelenggaraan Piala Dunia U-20 diliburkan sementara.

"Atau mungkin pas penyelenggaraan diliburkan dulu," ungkap dia.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Heru Sunardi mengatakan, 132 PKL yang bakal menempati selter Manahan Solo tersebut sudah memiliki surat izin penempatan (SIP).

Meskipun ada pedagang yang memiliki SIP lebih dari satu, kata Heru, di selter Manahan yang baru hanya mendapatkan satu tempat.

"Pembangunan selesai akhir tahun ini. Sama DPUPR kita dibangunkan 132 tenant untuk mewadahi pedagang yang telah ada dan sudah terkunci. Kita tunggu saja. Nanti kalau ada kurang lebihnya akan berkoordinasi," kata Heru.

Heru mengatakan belum bisa memutuskan apakah pedagang bisa langsung menempati selter Manahan atau belum.

"Masih menunggu pimpinan. Misalkan selesai langsung bisa digunakan, nanti Piala Dunia U-20 terus diliburkan kita menunggu dari pimpinan," ungkap Heru.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo Nur Basuki mengatakan pembangunan selter Manahan dilaksanakan dengan sistem lelang.

Pembangunan selter Manahan Solo telah dianggarakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 15 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com