Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Peringati HUT Ke-77 RI, Bupati Blora Berkunjung ke Rumah Veteran dan Purnawirawan

Kompas.com - 18/08/2022, 20:19 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Arief Rohman mencetuskan kegiatan yang berbeda dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) kali ini dengan kegiatan anjangsana ke rumah para veteran dan purnawirawan pejuang kemerdekaan.

Bupati Arief mengatakan, kegiatan itu merupakan tradisi baru untuk menghormati para pejuang veteran dan purnawirawan yang dulu pernah ikut memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

“Selain melakukan ziarah apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan (TMP), kita juga mulai mencetuskan kegiatan anjangsana kepada veteran dan purnawirawan yang masih sugeng.

“Ini sebagai bentuk penghormatan sekaligus meminta arahan masukan untuk kita yang masih muda ini agar bisa melanjutkan perjuangan membangun bangsa dan negara. Jangan sampai kita melupakan masa perjuangan para veteran dan purnawirawan dahulu. Merdeka!” kata Bupati Arief dalam keterangan persnya, Kamis (18/8/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Arief saat mengunjungi beberapa rumah para veteran dan purnawirawan di Kecamatan Blora, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Bupati Arief Rohman Beri Sinyal Jalan Blora-Randublatung Selesai Tahun 2022

Adapun rumah pertama yang dikunjungi oleh Bupati Arief beserta rombongan adalah rumah milik Mbah Sami’an, anggota veteran berusia 95 tahun yang tinggal di Serayu, Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora.

Bupati Arief yang didampingi Wakil Bupati, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan dialog bersama Mbah Sami’an sekaligus menyerahkan tali asih.

Mbah Sami’an yang baru pertama kalinya mendapat kunjungan langsung dari Bupati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora beserta seluruh jajarannya itu mengaku senang dan berterima kasih.

Beliau juga berbagi kisah menarik mengenai perjuangnya dahulu menuju Kemerdekan Indonesia. Ia mengaku, dirinya saat itu masih berusia 18 tahun dan sudah ikut berperang membawa bambu runcing.

Baca juga: Bertemu Mendag Zukifli Hasan, Bupati Blora Minta Bantuan Peningkatan Produk Ekspor

“Saya lahir tahun pitulikur atau 1927, sebelum masuk Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), saya sudah pegang bambu runcing. Banyak tempat sudah saya kunjungi, mulai dari Makassar, Seram Ambon untuk menumpas Republik Maluku Selatan (RMS), serta ke Timor Kupang.

“Saat itu saya sudah angkat-angkat senjata berat. Alhamdulillah sekarang masih diberi kesehatan. Kuncinya hanya pasrah kepada yang kuasa dan jangan suka marah. Saya ini takut kalau ada orang marah. Sama kalau punya rejeki banyak jangan lupa untuk berbagi,” jelas Mbah Sami’an.

Pria yang memiliki 15 cucu dan empat buyut itu pun berpesan kepada Bupati Arief beserta rombongannya. Ia mengatakan, pemerintahan harus bisa dijalankan dengan baik dan saling guyub rukun.

“Untuk pemerintahan sekarang harus saling guyub rukun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan masyarakatnya agar untuk ke depan Kabupaten Blora semakin maju lagi,” kata Mbah Sami’an.

Baca juga: Peringati HUT Ke-72 Jateng, Bupati Blora Kenakan Pakaian Adat Sikep Samin

Bupati Arief lakukan foto bersama Mbah Suntari dan seluruh purnawirawan di depan rumah Mbah Suntari setelah lakukan anjangsana di rumah Mbah Suntari, Rabu (17/8/2022).Dok. Pemkab Blora Bupati Arief lakukan foto bersama Mbah Suntari dan seluruh purnawirawan di depan rumah Mbah Suntari setelah lakukan anjangsana di rumah Mbah Suntari, Rabu (17/8/2022).

Usai dari rumah Mbah Sami’an, Bupati Arief beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke rumah Mbah Suntari, purnawirawan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang tinggal di Dukuh Suruhan, Desa Jiken, Kecamatan Jiken.

Untuk menuju rumah Mbah Suntari, Bupati Arief diharuskan untuk turun berjalan kaki sejauh 150 meter dan menyapa para masyarakat yang sedang beraktivitas di sepanjang perjalanan.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com