Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Semarakkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Gubernur Syamsuar Bagikan Bendera Merah Putih di Riau

Kompas.com - 08/08/2022, 09:33 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar melakukan serimonial pembagian bendera merah putih kepada paguyuban - paguyuban yang ada di Riau, saat melakukan senam massal bersama ribuan masyarakat di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Minggu (7/8/2022).

Pembagian bendera tersebut sebagai upaya mendukung program gerakan 10 juta bendera merah putih dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini dalam rangka untuk senantiasa memupuk rasa kebangsaan serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa," katanya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (8/8/2022).

Gerakan 10 juta bendera merah putih, lanjut dia, dilandasi pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

Baca juga: Cerita di Balik Penamaan Jembatan Merah Putih Ambon

Terkait pelaksanaan senam massal, ia mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tetapi juga dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-65 Riau.

“Ini merupakan momen yang pas untuk melakukan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih,” ujar Syamsuar.

Setelah melakukan pembagian bendera merah putih kepada para paguyuban di wilayahnya, Syamsuar diikuti oleh petugas juga memberikan bendera merah putih kepada masyarakat Riau yang turut memeriahkan acara senam massal tersebut.

Baca juga: Duduk Perkara Kerumunan Senam Massal di Bangka, Digelar Rutin tapi Tak Berizin, Banyak Peserta Langgar Prokes

Memberikan semangat persatuan bangsa

Pada kesempatan tersebut, Syamsuar menyatakan bahwa pembagian bendera merah putih bertujuan untuk memberikan semangat persatuan bangsa.

Apalagi saat ini, ungkapnya, di Indonesia masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

"Hal ini sesuai tema HUT RI, dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga telah memerintahkan pemerintah untuk bagaimana tetap melaksanakan tugas pengendalian Covid-19, melaksanakan vaksinasi, sekaligus mengendalikan terjadinya kebakaran hutan lahan," ujar Syamsuar.

Oleh karenanya, ia berharap, adanya kerja sama dari pihak terkait agar semua program penanganan pandemi Covid-19 serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: 5 Bulan, Karhutla di Rokan Hulu Capai 303,5 Hektar

"Serta diharapkan juga seluruhnya untuk mendukung program pemulihan ekonomi di daerah. Semoga dengan ini ada semangat bersama berkontribusi untuk negara Indonesia," tutur Syamsuar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com