Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Az-Zahra untuk Kemashlatan Umat

Kompas.com - 30/07/2022, 17:46 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika Rahmad Riyadi dan Bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra meresmikan Masjid Az-Zahra Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Jumat (29/7/20222).

Rahmad Riyadi berharap, kehadiran Masjid Az-Zahra dapat berkontribusi meningkatkan pendidikan Islam bagi masyarakat setempat.

Menurutnya, pembangunan masjid di kawasan Pusat Belajar Mengaji (PBM) Az-Zahra itu merupakan sebuah langkah awal untuk tujuan yang lebih besar.

Baca juga: Gandeng Kimia Farma, Dompet Dhuafa Luncurkan Program BIUN untuk Turunkan Stunting

“Nanti, ada rencana pembangunan kawasan pendidikan Islam di sini. Saat ini, sudah ada taman kanak-kanak (TK) Islam. Kami harus siap menyongsong fenomena bonus demografi pada 2045,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/7/2022).

Berbekal pendidikan, lanjut Rahmad, generasi muda diharapkan mampu mengoptimalkan momentum tersebut.

Tidak lupa, Rahmad juga mengucapkan tertima kasih kepada para wakif yang telah berdonasi dalam pembangunan Masjid Az-Zahra. Sebagai informasi, masjid tersebut dibangun dengan pengembangan ekonomi syariah, yaitu wakaf.

Masjid Az-Zahra di Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara.Dok. Dompet Dhuafa Masjid Az-Zahra di Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara.

Ambassador Wakaf Dompet Dhuafa Ismail Agus Said mengatakan bahwa Masjid Az-Zahra berdiri di atas tanah wakaf seluas 2,3 hektare.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga masjid dan mengikuti sejumlah kegiatan yang diselenggarakan.

"Sejak November lalu, kami bangun masjid tersebut dan alhamdulillah hari ini diresmikan. Atas nama para wakif dan keluarga besar Dompet Dhuafa, (Masjid Az-Zahra) kami persembahkan demi kemaslahatan umat," paparnya.

Sementara itu, Ardian Saputra mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa karena telah berkontribusi untuk masyarakat Lampung Utara melalui pembangunan Masjid Az-Zahra. Menurutnya, masjid bukan hanya sarana untuk beribadah, tetapi juga majelis ilmu.

“Semoga dengan berdirinya masjid ini dapat mempererat tali silaturahmi umat Islam di Desa Cahaya Negeri, Lampung Utara. Dari masjid dan kawasan pendidikan Islam tersebut, kami (akan) bangun umat Islam yang beriman dan berilmu,” kata Ardian.

Santunan anak yatim di Masjid Az-Zahra.Dok. Dompet Dhuafa Santunan anak yatim di Masjid Az-Zahra.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara peresmian Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa KH Ahmad Shonhaji, perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lampung Utara Rendi Apriansyah, Kepala Dinas Sosial Lampung Utara Eka Dharma Thohir, aparat setempat, dan beberapa tokoh masyarakat.

Acara pun ditutup dengan penyerahan santunan kepada anak yatim yang tinggal di daerah sekitar dan disambung dengan salat Jumat perdana di Masjid Az-Zahra. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com