Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkot Metro Raih Piagam Penghargaan dari Ditjen Pendis Kemenag RI

Kompas.com - 23/07/2022, 18:58 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menerima piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI pada Kamis (21/7/2022).

Piagam tersebut diberikan pada kegiatan pembinaan penguatan literasi moderasi beragama bagi para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenag Provinsi Lampung.

Piagam diserahkan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo kepada perwakilan Pemkot Metro, yaitu Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman.

Pada kesempatan tersebut, Puji juga memberikan materi terkait nilai keberagaman di Tanah Air kepada ASN Kemenag.

Baca juga: Ingin Petani Lebih Makmur, Walkot Mahdi Serahkan Bantuan Alsintan ke Kelompok Tani Margodadi

“Indonesia adalah negara yang majemuk, baik dari segi etnis, suku, budaya, bahasa, dan agama. Saya ingin penguatan literasi moderasi pada seluruh ASN Kementerian Agama pada semua level dan tingkatan,” ujar Puji dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Dengan begitu, lanjut Puji, seluruh elemen memiliki sikap bijaksana dengan mencari solusi atas setiap permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat. Utamanya, terkait isu keberagaman.

Lebih lanjut, Puji menjelaskan, moderasi beragama adalah cara pandang beragama terhadap masyarakat yang heterogen. Puji berharap, lewat pembinaan tersebut, ASN di lingkungan Kemenag memiliki sikap toleransi tinggi.

Puji pun berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Kemenag untuk menjunjung tinggi etika dalam bermedia sosial.

Baca juga: RSUD Ahmad Yani Metro Dapat Bantuan Cath Lab, Wakil Wali Kota Qomaru Apresiasi BPJS Kesehatan

“Ketika mendapat informasi, ASN bisa melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan informasi yang diperoleh berasal dari sumber yang benar. Jangan sampai menyampaikan informasi yang salah atau menyimpang,” tegasnya.

Setelah penyerahan piagam penghargaan dan penyampaian materi, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan dan peresmian Gedung Asrama MAN 1 Metro.

Sebagai informasi, acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Metro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com