Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Lagi, Santriwati Diduga Dicabuli Anak Kiai di Tuban, Keluarga Takut hingga Korban Melahirkan

Kompas.com - 22/07/2022, 15:53 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Seorang santriwati berinisial M (14) diduga menjadi korban pencabulan oleh anak kiai di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kasus pencabulan ini terjadi kembali yang menyasar ke santri di pondok pesantren seperti terjadi di Jombang.

Korban diduga dicabuli anak kiai hingga hamil dan melahirkan seorang anak bayi, pelaku diduga pencabulan tersebut berinisial A (21).

Korban melahirkan anaknya berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2,90 kilogram di puskesmas setempat sekira pukul 20.00 WIB, Selasa (19/7/2022).

Salah satu tokoh masyarakat Nanang Susanto mengatakan, kejadian ini mirip dengan kasus pencabulan yang terjadi di Jombang.

Namun, kedua orangtua korban santriwati di Tuban ini takut dan tidak berani melaporkan kejadian yang menimpa anaknya tersebut.

Baca juga: Santriwati di Tuban Diduga Jadi Korban Pencabulan Anak Kiai, Orangtua Takut Melapor

Hal ini karena pria yang diduga pelaku pencabulan adalah anak kiai pemilik pondok pesantren yang dihormati di kampungnya.

"Kasihan sekali orangtuanya itu tidak berani lapor polisi. Terus takut menuntut si pelaku karena pelakunya anak kiai yang sangat dihormati warga kampung," kata Nanang kepada Kompas.com, Kamis (21/7/2022).

Kronologi kejadian

Korban yang merupakan santriwati itu setiap hari mengaji di ponpes milik orang tua terduga pelaku tersebut.

Korban bersama santri lainnya setiap hari bermalam di ponpes selama setahun belakangan.

Dugaan pencabulan tersebut dilakukan saat korban bermalam di ponpes.

"Semua santri harus bermalam dan tidur di bangunan semacam aula gitu, yang santri laki-lagi tidurnya di bawah dan yang perempuan tidur di lantai atas," ungkapnya.

Tidak hanya itu, aksi anak kiai diduga mencabuli korban di malam hari ternyata dilihat oleh teman korban sesama saantri.

Orangtua trauma dan syok

Baca juga: Anak Kiai di Jombang Terdakwa Kasus Pencabulan Santri Tunjuk Gede Pasek Jadi Kuasa Hukum

Orangtua korban dikabarkan masih trauma dan syok melihat anaknya yang menjadi korban pencabulan hingga melahirkan bayinya.

Sementara itu, sejumlah petugas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban dan petugas kecamatan juga sudah berkunjung ke rumah korban untuk memberikan pendampingan.

"Orangtua korban mungkin syok melihat pelakunya juga seperti tidak memiliki tanggungjawab atau beban kesalahan," tuturnya.

Saat ini Polres Tuban tengah menyelidiki informasi dugaan pencabulan santriwati yang dilakukan anak kiai tersebut.

"Sedang ditindaklanjuti oleh penyidik sekarang," kata Kasatreskrim Polres Tuban AKP M Ganantha saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Tuban, Hamim | Editor Priska Sari Pratiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com