Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Bersekolah, Murid di Balikpapan Belum Dapat Seragam Gratis

Kompas.com - 11/07/2022, 10:53 WIB
Ahmad Riyadi,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Program seragam sekolah gratis untuk peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Balikpapan, Kalimantan Timur masih belum jelas.

Walhasil, banyak orangtua murid harus membeli seragam sendiri sembari menunggu seragam gratis dibagikan.

Terlihat beberapa murid di SD di Balikpapan masih ada yang tidak menggunakan seragam alias pakaian bebas pada Senin (11/7/2022).

Baca juga: Disdikpora Bantul Bantah Ada Sekolah Jual Seragam untuk Siswa

Hal ini dikarenakan belum mendapatkan seragam dan belum membelinya. Meski begitu pihak sekolah memaklumi kondisi tersebut.

“Memang waktu pendaftaran ulang itu ada pengukuran, kupikir nanti dibagikan sebelum masuk sekolah. Eh sekalinya katanya bulan 9 baru dikasih. Jadi sementara ini anak saya pakai baju bebas aja dulu, kata gurunya nggak apa-apa,” ujar Adi, salah satu orangtua murid SD Negeri 012 Balikpapan Tengah.

Adi berharap seragam gratis yang merupakan Program Pemerintah Kota Balikpapan itu segera terealisasi. Sebab hal ini membantunya meringankan beban biaya untuk keperluan sekolah anaknya.

“Kalau beli itu bisa sampai Rp 400.000. Ya semoga bisa segera terealisasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan untuk seragam gratis SD dan SMP masing-masing akan menerima tiga jenis, yakni baju merah putih atau merah biru, baju batik dan, dan baju pramuka.

"Mulai penerimaan murid 2022/2023 ini untuk tingkat SD dan SMP akan menerima baju gratis seragam tiga set," tuturnya.

Diketahui jumlah siswa dari data Dinas Pendidikan Kota Balikpapan sebanyak 12.558 peserta didik untuk jenjang SD dan 11.294 untuk SMP. Total nilai anggaran yang dialokasikan sebesar Rp19,6 miliar.

"Jadi ketika peserta didik terdaftar dan mulai masuk sekolah, kita akan berikan seragam sekolah gratis bagi peserta didik. tapi pembagian dilakukan bertahap, sebab harus memberikan seragam gratis sesuai dengan ukuran peserta didik," terangnya.

Untuk diketahui, penyaluran seragam sekolah gratis merupakan salah satu realisasi janji politik Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah di Pilkada Balikpapan 2020 lalu.

Namun sampai saat ini proses lelang belum dimulai, padahal anggaran telah disediakan oleh Pemerintah Kota. Diperkirakan akan terealisasi pada September 2022 nanti.

Baca juga: Ombudsman Temukan Sekolah di Yogyakarta Jual Seragam Siswa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com