Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Berangkat Haji, Ridwan Kamil Pastikan Pelayanan untuk Jemaah Haji Jabar Berjalan Optimal

Kompas.com - 07/07/2022, 16:25 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar memastikan memastikan jemaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

"Secara umum mayoritas aman terkendali. Ada beberapa yang sakit, sebagian akan di-badal-kan karena fisik tidak memungkinkan. Tapi, tim kesehatan sudah mengambil alih dan insyaallah tetap dalam status haji," katanya, dikutip dari keterangan pers resmi, Kamis (7/7/2022).

Dia mengatakan itu saat mengunjungi penginapan jemaah haji asal Jabar bersama Wali Kota Bogor Bima Arya di Arab Saudi, Selasa (5/7/2022) malam waktu setempat.

"Saya ke sini, Pak Bima juga selaku Wali Kota Bogor, punya tugas. Tugas pertamanya karena memimpin Jabar, saya ingin memastikan bapak atau ibu tidak kekurangan satu apa pun. Kalau ada kurang-kurang, tolong laporkan kepada petugas," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil Jenguk Jemaah Haji Jabar yang Terkena Stroke di Arab Saudi

Kendati pelayanan sudah maksimal dan logistik aman, Kang Emil meminta semua pihak menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya saat puncaknya haji, yakni wukuf di Arafah.

"Logistik aman, makanan aman, secara umum laporan masih aman terkendali. Tapi, puncaknya harus hati-hati, wukuf di Arafah. Berjuta-juta manusia akan berkumpul," ucapnya.

Dia juga mengignatkan para Jemaah agar mempraktikkan apa yang sudah diajarkan dan dilatih di Tanah Air.

Kang Emil pun meminta kepada jemaah haji asal Jabar agar fokus beribadah supaya pulang ke Indonesia menjadi haji yang mabrur.

"Kesempatan itu rahasianya Allah SWT. Makanya, cara mensyukurinya adalah menjadi haji mabrur. Jangan mikirin di Bogor kumaha, di Cirebon kumaha, di Bandung kumaha, fokus di sini. Kurangi main hp-nya, hp-nya geser ke aplikasi Al-Qur'an, aplikasi hadis," tuturnya.

Baca juga: Rumahnya Direnovasi Setelah Hampir Roboh, Nenek Ami Sampaikan Rasa Syukur kepada Ridwan Kamil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com