Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Viral Tahanan "Selfie", Polres Ende Perketat Pengawasan

Kompas.com - 18/06/2022, 08:45 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ende AKBP Adre Librian menegaskan, pihaknya akan memperketat pengawasan bagi setiap pengunjung tahanan di polres tersebut.

Hal ini disampaikan Andre menyusul adanya unggahan swafoto atau selfie  yang memperlihatkan tiga orang tahanan Polres Ende sedang mengenakan topi polisi sambil merokok. Unggahan tersebut viral di media sosial Facebook.

Andre menuturkan, berkaca dari beberapa kejadian sebelumnya, ada pengunjung yang menyelundupkan barang bawaan untuk diberikan kepada tahanan.

“Terkait foto selfie ada beberapa kejadian, pernah ada pengunjung yang menyelundupkan handphone melalui makanan yang dititipkan kepada tersangka,” ujar Andre dalam keterangan, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Viral, Foto Para Tahanan Disebut Pelaku Begal di Polres Ende Selfie Sambil Merokok dan Pakai Topi Polisi, Ini Kata Polda NTT

Karena itu, lanjutnya, petugas akan memeriksa setiap barang bawaan pengunjung agar mengurangi risiko kejadian serupa terulang lagi.

“Ini menjadi perhatian kami secara internal agar benar-benar memperhatikan barang bawaan pengunjung. Rokok juga akan menjadi bagian atensi kami,” ujarnya.

Sebelumnya, sebuah foto selfie yang memperlihatkan sejumlah pelaku begal yang ditahan di sel Polres Ende viral di media sosial. Foto tersebut diunggah di grup Facebook Ende Flores NTT, Selasa (14/6/2022).

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Kabid Humas) Polda NTT AKBP Arya Sandi membenarkan ihwal tahanan yang selfie itu. Namun, foto tersebut foto lama yang diambil di sel tahanan Polsek Kota Ende pada April 2022. 

Arya mengatakan, para tahanan dalam foto tersebut terkait kasus pencurian motor yang kemudian diputus bebas oleh Pengadilan Negeri (PN) Ende.

Selanjutnya, pada 11 Juni 2022, Polres Ende berhasil menangkap tiga orang pelaku begal. Salah satunya merupakan tahanan yang sempat selfie ketika terjerat kasus pencurian motor.

“Tersangka yang selfie saat itu tiga orang. Untuk tersangka yang ketangkap pada 11 Juni sejumlah tiga orang, satu di antaranya pelaku yang selfie waktu kasus curanmor. Sementara yang lainnya tidak terkait dengan foto tersebut,” ujar Aria, Jumat (17/6/2022).

Dikatakan, Kapolres Ende telah memproses anggota yang bertugas jaga tahanan pada saat itu.

“Untuk sementara lagi diproses pelanggaran disiplin,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com