Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Maju Kembali di Pilkada 2024, Wali Kota Tegal Dedy Yon: Fokus Kerja Dulu

Kompas.com - 15/06/2022, 13:50 WIB
Tresno Setiadi,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Masa jabatan Wali Kota Tegal, Jawa Tengah Dedy Yon Supriyono akan berakhir pada 23 Maret 2024. Dedy mengaku belum memikirkan untuk maju kembali dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Ah itu nanti, masih jauh. Ini baru 2022," kata Dedy Yon kepada Kompas.com, usai menghadiri launching Tahapan Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Selasa (14/6/2022) malam.

Dedy mengungkapkan, masa jabatannya yang masih tersisa waktu 1,9 tahun akan difokuskan untuk membangun kota.

Baca juga: Refleksi 3 Tahun Wali Kota Tegal Dedy Yon Disambut Demo, Diwarnai Keributan

"Jabatan saya sekarang sudah 3 tahun, 3 bulan. Berarti sesuai masa periodenya masih tersisa 1 tahun, 9 bulan. Jabatan saya berakhir 2024 tepatnya 23 Maret. Jadi Sementara fokus kerja dulu," ujar Dedy.

Seperti diketahui, dalam Pilkada serentak 27 Juni 2018, pasangan Dedy Yon Supriyono dan Muhamad Jumadi yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP keluar sebagai pemenang Pilkada.

Dedy Yon Supriyono merupakan pengusaha bus Dedy Jaya asal Brebes yang terjun ke politik dan menjadi Wali Kota Tegal periode 2019-2024.

Dedy sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD Brebes periode 2009-2014, dan anggota DPRD Jawa Tengah 2014-2019.

Dikutip situs berita resmi Pemkot Tegal, Dedy-Jumadi berhasil memenangi Pilkada Kota Tegal dengan memperoleh 38.091 suara.

Dedy-Jumadi mengalahkan empat pasangan calon lain peserta Pilkada. Yakni pasangan Nursholeh-Wartono, Ghaustun-Muslih, Habib Ali-Tanty Prasetyoningrum, dan Herujito-Sugono.

Pasangan Habib Ali dan Tanty Prasetyaningrum sempat menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas kemenangan Dedy-Jumadi.

Namun gugatan tersebut ditolak MK. KPU akhirnya menetapkan Dedy-Jumadi sebagai calon pasangan peraih suara terbanyak sebagai paslon terpilih.

Dedy-Jumadi dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 23 Maret 2019 di gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Kota Semarang.

Belakangan Dedy dan Jumadi dikabarkan pecah kongsi sejak 2021. Jumadi hampir tidak pernah terlihat publik mendampingi Dedy dalam berbagai acara kedinasan.

Baca juga: Wakil Wali Kota Tegal Masuk Daftar Penerima Bansos, Kinerja Dinsos Dipertanyakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com