Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Tinjau RS Hasyim Asy'ari Tebuireng

Kompas.com - 05/06/2022, 12:05 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur (Jatim), Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin mengunjungi rumah sakit (RS) Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang, Jatim, Sabtu (4/6/2022).

Adapun rumah sakit berbasis wakaf tersebut merupakan gagasan Yayasan Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng.

Pada kunjungan tersebut, Ma’ruf didampingi oleh Sekretaris Ponpes Tebuireng KH Abdul Ghofar, Direktur RS Hasyim Asy'ari Iqbal Billy Wahid, Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa Etika Setiawanti, dan Direktur PT DD Medika dr Muhammad Zakaria.

Ma'ruf meninjau langsung kondisi dan kesiapan rumah sakit dalam melayani masyarakat dengan meninjau sejumlah fasilitas dan ruangan di RS Hasyim Asy'ari. Lokasi peninjauan meliputi lobi, ruang operasi, ruang perawatan, dan ruang intensive care unit (ICU).

Setelah melakukan peninjauan, ia memimpin doa bersama untuk kesuksesan dan keberkahan RS.

Sebagai alumni Ponpes Tebuireng, Ma’ruf mengungkapkan kekagumannya terhadap kemajuan fasilitas ponpes tersebut. Ia mengapresiasi perkembangan ponpes dalam membangun RS Hasyim Asy'ari.

"Tidak hanya sekolah agama saja, bahkan (Ponpes Tebuireng) juga mengembangkan kegiatan ekonomi dan kini ada rumah sakitnya,” ujar Ma’ruf dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Ma’ruf berharap, perkembangan Ponpes Tebuireng dapat terus berlanjut.

Dukungan masyarakat

Pada kesempatan sama, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz memohon doa dan dukungan masyarakat agar RS Hasyim Asy'ari dapat beroperasi pada 2022.

Dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin sempatkan tinjau RS Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).Dok. Dompet Dhuafa Dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin sempatkan tinjau RS Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).

"Mohon doanya, supaya RS Hasyim Asy'ari bisa segera beroperasi sehingga dapat segera memberikan pelayanan bagi masyarakat," ujar Abdul.

Senada dengan Abdul, dr Zakaria juga memohon doa kepada seluruh masyarakat untuk kesuksesan dan keberkahan RS Hasyim Asy’ari.

Ia pun memohon dukungan kepada masyarakat. Sebab, meskipun bangunan RS sudah terbangun, sejumlah kebutuhan alat kesehatan untuk mendukung kelengkapan RS masih belum terpenuhi.

"Kami sudah maksimalkan penghimpunan untuk pembangunan dan alhamdulillah sudah bisa mewujudkan fisik bangunannya. Saat ini, kami paralel melakukan pengurusan izin beroperasi dan melengkapi alat kesehatan dari fasilitas RS,” ujarnya.

Ia berharap, kunjungan Ma’ruf ke RS Hasyim Asy’ari dapat menjadi salah satu bentuk usaha dalam percepatan beroperasinya rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com