Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Tinggalkan 10 Penumpang dari Bengkulu Gara-gara Ganti Pesawat

Kompas.com - 27/05/2022, 18:39 WIB
Firmansyah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Penerbangan 10 penumpang dari Bandara Fatmawati, Bengkulu yang akan berangkat ke Soekarno-Hatta dengan pesawat Lion Air JT-639 ditunda karena kapasitas kursi tidak cukup.

Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penanganan layanan penumpang JT-639 dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) menuju bandara Soetta (CGK) sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Lion Air penerbangan JT-639 dipersiapkan dengan baik, akan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi kelas ekonomi. Rute Bengkulu ke Jakarta dijadwalkan berangkat pukul 08.40 WIB, akan membawa 7 (tujuh) awak pesawat serta 199 penumpang," ungkap Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Sudah Pesan Tiket Pesawat Lion Air ke Jakarta, 10 Penumpang Malah Ditinggalkan di Bengkulu karena Kursi Tak Cukup

Namun Danang mengatakan, untuk meminimalisir keterlambatan keberangkatan karena alasan operasional yang tidak disebutkan, pihak Lion Air mengganti pesawat menjadi Boeing 737-800NG yang berkapasitas 189 kursi. Lebih sedikit dibanding pesawat yang dijadwalkan, JT-639.

"Dalam upaya mempertahankan tingkat ketepatan waktu (on time performance), Lion Air mengganti pesawat pada rute dimaksud menjadi Boeing 737-800NG yang berkapasitas 189 kursi kelas ekonomi. Penggantian ini sebagai tindakan cepat (quick handling) untuk meminimalisir keterlambatan keberangkatan dari rotasi (pergerakan pesawat) rute sebelumnya dikarenakan alasan operasional," sambungnya.

Penerbangan JT-639 mengudara tepat waktu dan tiba di Bandara Soetta pukul 09.36 WIB.

Lion Air, kata Danang, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Lion Air telah memberikan solusi dan pelayanan dengan memindahkan penerbangan (transfer flight) ke penerbangan maskapai lain dan penerbangan berikutnya Lion Air JT-637.

Penerbangan JT-637 lepas landas dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno sesuai jadwal pukul 12.30 WIB dan mendarat di Soetta pukul 13.31 WIB.

Baca juga: Jumlah Kursi Tak Cukup, 10 Penumpang Lion Air dari Bengkulu Ditinggalkan Pesawat

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 10 penumpang dari Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu) tujuan Soekarno Hatta (Jakarta) ditinggal pesawat maskapai Lion Air karena kapasitas tak mencukupi, Jumat (27/5/2022).

Dijadwalkan pesawat berangkat pukul 08.40 wib dengan nomor perebangan JT 0639 pada Jumat pagi (27/5/2022) seharusnya berkapasitas 222 kursi penumpang namun pesawat yang tersedia hanya berkapasitas kursi 189.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com