Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Pesan Tiket Pesawat Lion Air ke Jakarta, 10 Penumpang Malah Ditinggalkan di Bengkulu karena Kursi Tak Cukup

Kompas.com - 27/05/2022, 14:36 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 10 penumpang pesawat Lion Air dari Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, ditinggal gara-gara kursi pesawat tak mencukupi, Jumat (27/5/2022).

Dijadwalkan, pesawat dengan nomor penerbangan JT 0639 itu berangkat pukul 08.40 WIB dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Baca juga: Jumlah Kursi Tak Cukup, 10 Penumpang Lion Air dari Bengkulu Ditinggal Pesawat

Seharusnya, pesawat tersebut berkapasitas 222 kursi penumpang. Namun, pesawat yang tersedia hanya berkapasitas kursi 189.

Baca juga: Alami Bird Strike, Pesawat Lion Air Tujuan Makassar Kembali ke Surabaya, Ini Kronologinya

Wirawan, salah seorang penumpang yang tertunda keberangkatannya mengatakan, tidak ada sama sekali pemberitahuan saat boarding.

Saat hendak naik ke pesawat, dirinya bersama beberapa penumpang lainnya malah tak bisa ikut terbang.

"Kami kecewa. Kita mau berangkat malah gagal pada pagi tadi. Alasan pesawat tidak cukup kapasitas penumpangnya. Bukan salah kita, pihak maskapai harus bertanggung jawab," kata Wirawan, saat dihubungi.

Wirawan merasa dirugikan dengan peristiwa itu, karena seharusnya dia sudah sampai di Jakarta untuk urusan pekerjaan pukul 10.00 WIB.

Apa masalahnya?

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Heru Karyadi menjelaskan, saat dikonfirmasi, maskapai Lion Air mengklaim, 10 penumpang Lion Air ini yang tidak dapat dilayani terbang, karena keterbatasan kapasitas pesawat.

"Iya benar, tadi pagi ada penumpang pesawat Lion Air yang tidak bisa ikut penerbangan JT 0639, karena kapasitas pesawat Lion Air yang tiba di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu merupakan pesawat dengan jenis Boeing 737-800NJ dengan kapasitas 189 penumpang," tutur dia.

"Padahal, sebelumnya dijadwalkan yang tiba adalah pesawat dengan jenis Boeing 737-900IR," tambah Heru dalam keterangannya pada media, Jumat (27/5/2022).

Heru mengungkapkan, peristiwa itu terjadi karena kesalahan teknis pada pesawat Lion Air yang dijadwalkan tiba di Bengkulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com