Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik Jokowi dan Ketua MK Menikah, Sejumlah Hotel di Kota Solo Penuh

Kompas.com - 25/05/2022, 17:25 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pernikahan adik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, bakal didatangi 800 tamu undangan. Sejumlah hotel di Kota Solo, Jawa Tengah telah penuh dipesan.

Seperti yang terjadi di Hotel Alila, Kota Solo, dari 255 kamar, sudah ada 200 yang direservasi tamu undangan. Pihak Hotel Alila meyakini pada hari H, okupansi hotel bisa mencapai 100 persen.

”Kami memang menerima tamu-tamu VVIP yang menjadi undangan pernikahan adik presiden. Kami prediksi jumlah tamu akan bertambah pada hari H,” kata Public Relations and Event Marketing Manager Hotel Alila, Solo Tesa Pujiastuti, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Ini Bocoran Baju Pernikahan Adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK

Hotel lainnya, seperti Solia Zigna Hotel, juga telah dipesan para tamu undangan. Meskipun yang memesan bukanlah tamu VVIP.

"H-1 okupansi kami masih 40 persen. Tapi untuk hari H tanggal 26 Mei, okupansi kami sudah naik menjadi 90 persen. Sebagian besar memang tamu dari pemerintahan,” kata Director of Sales Manager (DoSM) Hotel Solia Zigna, Lisa Halim.

Sementara itu Pejabat Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo Sistho A Shresto menilai, momen pesta pernikahan keluarga Presiden Jokowi ini menjadi peningkatan okupansi yang tinggi. Bahkan pada hari H pemesanan hotel sudah penuh.

"Beberapa tamu dari kalangan pejabat sudah mulai masuk. Meskipun kami tidak bisa menyampaikan siapa saja yang hadir. Namun indikasinya ada peningkatan okupansi di periode pernikahan ini,” katanya.

Baca juga: Serba-serbi Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Dekorasi Miracle Wedding, Baju Pengantin, hingga 2 Bahasa Saat Ijab

Lonjakan ini bukan hanya yang berbintang empat saja, namun hampir di seluruh hotel di Kota Solo. Pasalnya tamu undangan yang hadir tidak hanya dari pejabat saja. Namun juga ada pendamping-pendamping yang harus melekat dengan pejabat yang bersangkutan.

”Biasanya mereka punya driver atau ajudan yang melekat. Tentunya butuh hotel bintang di bawahnya. Biasanya digunakan untuk ajudan atau driver dan asisten. Jadi saya rasa kenaikannya merata,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com