Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rob Terjang Pantura, Ganjar Minta Pemda Siapkan Posko Darurat

Kompas.com - 23/05/2022, 21:09 WIB
Riska Farasonalia,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meminta kepala daerah di wilayah Pantura untuk bersiaga terhadap terjadinya rob. Dia meminta agar setiap daerah menyiapkan posko darurat, tempat evakuasi dan dapur umum.

“Seluruh pantura sekarang lagi kita minta koordinasi untuk standby. Khususnya yang di Kota Semarang, Demak, Pati juga di Kota Pekalongan,” kata Ganjar saat meninjau titik rob di Kota Semarang, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Sudah Diingatkan Ganjar Soal Rob, Wali Kota Semarang: Ini di Luar Dugaan Kita

Ganjar mengatakan pihaknya menerima laporan warga yang tak bisa mengevakuasi keluarganya karena terkena rob di wilayah Genuk. Maka dari itu, tim BPBD diterjunkan untuk membantu proses evakuasi.

“Kita minta untuk memberikan laporan-laporan. Jadi yang sampai ke saya langsung saya bagikan dan mereka diteleponi. Kita minta untuk diturunkan tim ya agar tim rescuenya bisa cepet (evakuasi),” ujarnya.

Baca juga: Banjir Rob Melanda Pesisir Kota Tegal, Warga Sebut Terparah Sejak 1998

Ganjar memperkirakan rob ini terjadi akibat anomali cuaca karena peningkatannya sangat cepat. BMKG telah menginformasikan bahwa kenaikan pasang air laut akan tinggi dalam beberapa waktu ke depan.

“Tadi kan sekitar jam 2 mulai, terus kemudian jam 4 cukup tinggi, tapi hari ini sudah mulai surut. Hitung-hitungan dari BMKG akan turun sekitar jam 18.00 ini. Mudah-mudahan akan bisa turun. Jadi kalau tadi disampaikan dari BMKG maka prakiraannya ya kira-kira dari jam akan kelihatan turun,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com