Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Peringati HUT Ke-281 Wonogiri, Bupati Jekek Ajak Masyarakat Bangkit dengan Harapan Baru

Kompas.com - 19/05/2022, 15:59 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-281 Kabupaten Wonogiri di area parkir baru Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kamis (19/5/2022).

Melalui momentum peringatan HUT Wonogiri, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak masyarakat di wilayahnya untuk bangkit dengan harapan dan semangat baru.

Utamanya, kata dia, semangat dalam mengejar program-program dan rencana yang sempat tertunda.

“Bagi saya ada berkah tersembunyi di balik situasi pandemi Covid-19. Pandemi menyadarkan semua bahwa pengaruh dunia global dan kebutuhan penguasaan teknologi sungguh tidak dapat dihindari,” ujar pria yang akrab disapa Jekek itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Terkait Pelonggaran Lepas Masker di Tempat Terbuka, Pemkab Wonogiri Tunggu Regulasi Tertulis Pemerintah Pusat

Menurut Jekek, semangat untuk beradaptasi, kreatif, dan inovatif dapat membuat semua orang terus berkarya dan melanjutkan cita-cita.

Pada kesempatan itu, Jekek turut mengungkapkan alasannya mengapa peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri dilaksanakan di Taman Parkir Baru WGM.

Ia mengatakan, area parkir baru WGM sementara ini sedang dilakukan revitalisasi dari pemerintah pusat. Dalam kesempatan ini, Jekek meresmikan area parkir baru WGM sebagai sarana terbaru ikon pariwisata kebanggaan Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

“Ini anggaran dari pemerintah pusat untuk bagaimana mengoptimalisasi dan merevitalisasi terhadap potensi-potensi yang ada,” kata Jekek.

Menurutnya, peringatan hari jadi di tempat wisata baru dapat membangun optimisme dan semangat baru sekaligus mengeksplor potensi baru yang dimiliki Kabupaten Wonogiri.

Jekek mengungkapkan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga turut berperan serta dan menggeliat pada hari jadi ke-281 Kabupaten Wonogiri. Hal ini menjadi bukti tumbuhnya ekonomi di Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: KA Batara Kresna Relasi Wonogiri-Purwosari Tabrak Mobil di Sukoharjo, Pengemudi Selamat

Seluruh elemen masyarakat menyatu

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menandatangani prasasti diresmikannya penggunaan tempat parkir baru Waduk Gajah Mungkur, Kamis (19/5/2022).DOK. Humas Pemkab Wonogiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo menandatangani prasasti diresmikannya penggunaan tempat parkir baru Waduk Gajah Mungkur, Kamis (19/5/2022).

Peringatan hari jadi ke-281 Kabupaten Wonogiri sendiri tak hanya dilaksanakan di area baru parkir WGM. Peringatan yang sama juga digelar di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri secara serentak.

Serempaknya peringatan hari jadi tersebut menunjukkan bahwa seluruh elemen masyarakat Kabupaten Wonogiri menyatu dalam kebersamaan. Hal ini turut memberikan andil untuk Wonogiri yang juga menjadi sumber kehidupan mereka.

Jekek mengatakan, peringatan yang dilaksanakan itu masih dalam kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.

Menurutnya, momen tersebut menjadi hal baik karena dapat menyadarkan semua pihak akan arti penting pola hidup sehat dan disiplin pada protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Prokes Dilonggarkan, Masih Wajib Gunakan PeduliLindungi?

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com