Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jabar Quick Response Bantu Warga Ubah Gubuk Reyot Jadi Rumah Layak Huni

Kompas.com - 12/05/2022, 12:52 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jawa Barat (Jabar) Quick Response (JQR) terus menyalurkan dana bantuan perbaikan rumah bagi warga prasejahtera. Salah satu penerima dana ini adalah Mak Esih (85).

Warga yang tinggal di sebuah gubuk reyot di Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jabar itu mendapatkan bantuan perbaikan rumah agar menjadi layak huni.

Manager Operasional JQR Nizar Ilyassa mengatakan, tim JQR menidaklanjuti informasi kemalangan yang ditimpa Mak Esih dengan prosedur verifikasi serta survei.

Tim segera menindaklanjuti hasil survei dengan memberikan dana bantuan pembangunan rumah.

“Dana yang diberikan merupakan dana stimulus pembangunan, JQR juga mengajak pihak lainnya untuk ikut berkontribusi membantu Mak Esih agar tinggal di rumah yang layak huni," ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/4/2022).

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Lakukan Ini

Nizar menjelaskan, hasil survei menyebutkan kesehariannya Mak Esih masih bergantung kepada keluarga, warga sekitar, dan bantuan dari pemerintah.

Prosesi penyaluran bantuan dilaksanakan di kantor Kelurahan Cigondewah Kaler disaksikan Lurah Cigondewah Kaler, Kepolisian, LPPM, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), tokoh masyarakat, dan perwakilan keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan pula dibentuknya panitia pembangunan rumah Mak Esih dari unsur masyarakat dan aparatur kewilayahan.

Pembangunan rumah akan dilakukan secara gotong royong dari warga setempat. Selama proses pembangunan, Mak Esih akan tinggal di rumah sementara yang disiapkan oleh aparatur kewilayahan.

“Semoga kolaborasi ini menjadi pemantik atau contoh untuk saling gotong royong jika menemukan kejadian serupa di wilayah Cigondewah,” tuturnya mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga: Antisipasi Hepatitis Akut di Jabar, Ridwan Kamil Siapkan 3 Strategi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com