Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gibran Buka Lagi "Car Free Day" di Jalan Slamet Riyadi Solo

Kompas.com - 10/05/2022, 06:02 WIB
Labib Zamani,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pergelaran car free day (CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi mulai dari Purwosari hingga Gladag akan kembali dibuka pada Minggu (15/5/2022) setelah dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19.

Pembukaan kembali hari bebas kendaraan bermotor ini dengan pertimbangan angka kasus Covid-19 Solo telah menurun.

Baca juga: Selama Ramadhan, Car Free Day Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Dibuka Kembali, Simak Jadwalnya

"CFD mulai dibuka lagi Minggu tanggal 15 Mei 2022," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin (9/5/2022).

Gibran mengatakan, CFD akan dibuka secara normal mulai pukul 05.00 sampai 09.00 WIB.

Putra sulung Presiden Jokowi ini juga memperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) kuliner berjualan kembali di kawasan tersebut.

"Nanti diatur di surat edaran yang berbeda. Diatur sama Dinas Perhubungan (Dishub). Pokoknya pembukaannya seperti biasa (dari Purwosari sampai Gladag)," kata dia.

Kepala Dishub Solo Hari Prihatno mengatakan akan mengadakan rapat bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk pembukaan kembali CFD di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

OPD yang dilibatkan dalam rapat itu antara lain Dinas Perdagangan (Disdag), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Satlantas Polresta) Solo.

"Kita besok mau rapat dulu dengan OPD terkait kaitannya persiapan pembukaan CFD. Kita menangani secara bersama-sama termasuk penanganan parkir kemudian pengalihan BST," kata Hari.

Meskipun sudah dibuka lagi, pihaknya mengimbau warga atau pengunjung CFD tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) karena pandemi belum berakhir.

"Kita tidak bisa membatasi (pengunjung). Yang jelas tetap wajib pakai masker," kata Hari.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melandai, Mengapa Pemprov DKI Belum Buka Car Free Day?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com