Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi di Riau Capai Rp 23,7 Triliun, Tertinggi Ketiga di Indonesia

Kompas.com - 28/04/2022, 08:09 WIB
Idon Tanjung,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Realisasi investasi di Riau meningkat di tahun ini. Gubernur Riau Syamsuar menyatakan bahwa realisasi investasi di Riau sebesar Rp 23,7 triliun.

"Alhamdulillah, target investasi setiap tahun tercapai, bahkan melebihi. Untuk tahun ini saja, baru triwulan pertama sudah hampir 50 persen dari target investasi, yaitu (tercapai) Rp 23,7 triliun," ucap Syamsuar kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Adapun, target tahunan investasi di Riau, sebut dia, sebesar Rp 60,46 triliun.

Baca juga: Gelapkan Dana Rp 7 M Lebih, Ibu Muda Pelaku Investasi Bodong Menyerahkan Diri

"Kami sangat bersyukur dengan peningkatan investasi ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Provinsi Riau masuk peringkat tiga nasional dalam realisasi investasi," kata Syamsuar.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baru saja merilis data tentang realisasi investasi untuk triwulan I tahun 2022. Riau berada diperingkat ketiga investasi tertinggi di Indonesia.

Peringkat satu ditempati DKI Jakarta dengan realisasi investasi sebesar Rp 40,4 triliun.

Disusul Jawa Barat Rp 39,5 triliun, dan peringkat ketiga adalah Provinsi Riau dengan realisasi investasi sebesar Rp 23,7 triliun atau 39,20 persen dari tahunan.

Sementara peringkat keempat ditempati Jawa Timur dengan realisasi investasi sebesar Rp 23,6 triliun dan peringkat kelima ditempati Sulawesi Tengah dengan realisasi investasi sebesar Rp 20,0 triliun.

Tahun lalu, Provinsi Riau berada di peringkat kelima nasional untuk realisasi investasi. Peringkat pertama di luar Pulau Sumatera.

Baca juga: Cerita Magdalena Jadi Korban Investasi Trading Emas MIA, Rugi Rp 600 Juta, Polisi Sebut Minim Saksi

Oleh karena itu, Gubernur Riau mengajak seluruh elemen masyarakat Riau untuk bersama-sama menjaga kondisi dan situasi di Negeri Lancang Kuning agar selalu kondusif.

"Kalau kondusif, investor pasti merasa nyaman. Apalagi kita juga memberikan kemudahan birokrasi bagi para investor.

Dengan banyaknya investasi, dipastikan terbuka banyak lapangan kerja. Pada akhirnya yang diuntungkan tentu masyarakat Riau juga," pungkas Syamsuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com