Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 37 Hotel dan 57 Restoran Ditempeli Label Aman oleh Dinkes Kendal

Kompas.com - 18/04/2022, 23:01 WIB
Slamet Priyatin,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 37 hotel dan 57 restoran yang ada di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, ditempeli stiker bertuliskan hotel ini aman oleh Dinas Kesehatan, Senin. (18/04/2022).

Penempelan stiker dilakukan secara simbolis di Hotel Sae Inn Kendal. Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Parno, hotel dan restoran yang ditempeli stiker label aman tersebut semua karyawannya sudah divaksin dosis 1, dosis 2 dan booster.

“Sebelumnya kami melakukan verifikasi kepada hotel dan restoran terkait vaksin booster. Jika sudah lengkap seluruh karyawan mendapatkan booster maka akan diberi stiker label aman,” kata Parno.

Baca juga: Truk Pengangkut Solar Oplosan di Muara Enim Ditempel Stiker Pertamina agar Konsumen Percaya

Dia menjelaskan, tujuan pemasangan stiker label aman ini untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Ia berharap, pengunjung hotel dan restoran yang sudah ditempeli stiker label aman, tidak khawatir dan takut.

“Karena stiker ini menunjukan bahwa karyawan hotel dan restoran sudah divaksin sehingga tidak mudah terpapar virus covid 19,” ujar Parno.

Hingga kini, tambah Parno, jumlah masyarakat Kabupaten Kendal yang sudah melakukan vaksin dosis 1 ada 92 persen, dosis 2 ada 82 persen, dan booster 12 persen.

“Untuk vaksin booster, akhir April, kami targetkan ditarget 30 persen,” tegas Parno.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kendal, Cahyanto yang hadir dalam penempel stiker label aman mengatakan, pihaknya sangat mendukung pemerintah untuk mensukseskan percepatan vaksin.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada pengusaha hotel dan restoran, supaya secepatnya meminta karyawannya untuk vaksin booster.

Baca juga: Duduk Perkara Kisruh Saat Pengambilan Stiker Kendaraan Pribadi Penonton MotoGP, ITDC Sebut Ada Kesalahpahaman

“Sehingga tamu merasa aman dan nyaman,” kata Cahyanto.

Menurut Cahyanto, selama pandemi Covid-19, bisnis perhotelan dan restoran seperti mati suri. Pengunjung yang datang, tidak lebih dari 10 persen. Padahal untuk bisa menutup biaya operasional, setidaknya tamu yang hadir sekitar 30 persen.

“Saat ini, rata – rata pengunjung hotel dan restoran sudah sekitar 20 persen,” aku Cahyanto.

Cahyanto meminta kepada pengusaha hotel dan restoran, tetap menerapkan protokol kesehatan, meskipun sudah dipasang stiker label aman. Sebab Covid-19 masih ada.

Baca juga: ITDC Minta Maaf atas Kisruh Pengambilan Stiker Kendaraan Penonton MotoGP

“Tamu yang datang juga harus mentaati protokol kesehatan,” ujar Cahyanto.

Sementara itu, General Manager Hotel Sae Inn, Fransisca Handoko mengatakan, semua karyawannya sebanyak 42 orang sudah divaksin booster.

Ia berharap pandemi bisa menghilang, sehingga bisnis hotel dan restoran bisa kembali menggeliat. “Pengunjung sini sekaranb sudah mencapai 40 persen,” aku Fransisca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com