Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kabupaten Wonogiri Raih PPD Terbaik Se-Jateng, Bupati Jekek: Capaian Bersama Semua Pihak

Kompas.com - 18/04/2022, 12:35 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, keberhasilan Kabupaten Wonogiri dalam menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik se-Jawa Tengah (Jateng) merupakan usaha bersama seluruh pihak.

“Prestasi ini menjadi capaian bersama semua pihak dengan semangat 'Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri',” kata Bupati yang akrab disapa Jekek itu dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Menurutnya, semangat tersebut memiliki spirit gotong royong serta saling menguatkan dan memberi apresiasi.

Ia menjelaskan, pada 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menempati urutan ke-27 dari 35 kabupaten atau kota se-Jateng.

“Pada 2022, Wonogiri bisa melesat ke urutan pertama PPD se-Jateng,” lanjut dia.

Baca juga: Satu Tahun Pimpin Wonogiri, Bupati Jekek-Wabup Setyo Sukarno Paparkan LPPD Keberhasilan di Berbagai Bidang

Pernyataan itu disampaikan Jekek sesaat setelah menerima PPD dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jateng, Kamis (14/4/2022).

Jekek berujar, penghargaan PPD terbaik se-Jateng yang diterima Wonogiri terjadi lantaran keberhasilan jajarannya dalam mengubah resi gudang yang mangkrak tujuh tahun menjadi hal profesional.

“Bahkan, resi hudang sudah dapat mengekspor beras hingga ke luar negeri. Kemarin yang dinilai bagus adalah kemanfaatan fasilitas resi gudang,” katanya.

Menurutnya, kondisi tersebut harus bisa terus dipertahankan serta dibangun dengan sistem-sistem baru dan terintegrasi agar semua pihak bisa melakukan berbagai fungsi pendampingan.

“Akhirnya gudang yang semula mangkrak bisa berpotensi dan memiliki prospek untuk bisa ke luar negeri,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Wonogiri Hibahkan Tanah untuk Bangun Gedung Satpas SIM, Bupati Jekek: Ini Wujud Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Inovasi dan implementasi di lapangan

Jekek melanjutkan, secara umum, ada sejumlah hal yang membuat Wonogiri berhasil menyabet juara pertama PPD se-Jateng. Salah satunya adalah banyaknya inovasi yang diikuti dengan implementasi di lapangan.

Wonogiri saat ini, kata dia, memiliki lebih dari 300 inovasi. Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya bahkan menobatkan Wonogiri sebagai kabupaten paling inovatif di Indonesia.

“(Keberhasilan Wonogiri raih juara pertama PPD) terjadi lantaran adanya evaluasi capaian program-program yang sudah berjalan. Evaluasi ini berupa pendalaman ruang yang diperlukan untuk perubahan,” jelasnya.

Adapun empat aspek penilaian penghargaan PPD, dia memaparkan, berkaitan erat dengan pencapaian pembangunan, kualitas dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), penyusunan dokumen RKPD, dan inovasi.

Baca juga: Bupati Jekek Minta OPD Bekerja Keras Turunkan Angka Kemiskinan di Wonogiri

“Capaian pembangunan dapat terlihat dari pertumbuhan ekonomi Wonogiri yang lebih tinggi dibandingkan capaian nasional dan Jateng. Ekonomi Wonogiri tahun 2021 tumbuh 3,69 persen, sementara nasional hanya 3,32 persen dan Jateng sebesar 3,35 persen,” paparnya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com