Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Final Kontes Juara Anak Soleh Jabar Akan Digelar di Kota Bandung

Kompas.com - 12/04/2022, 16:45 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Pelaksanaan Kontes Juara Anak Soleh (KOAS), Buka Berkah (KABAH), dan bersih-bersih Masjid Al-Istiqomah di Kabupaten Pangandaran, Senin (11/4/2022), merupakan rangkaian awal Bulan Suci Berbagi On The Street (BUBOS) 2022.

Dari Kabupaten Pangandaran, dua juara utama KOAS akan maju ke babak final yang rencananya bakal digelar di Kota Bandung.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil mengaku bersyukur dengan para finalis KOAS di Pangandaran yang bisa lolos ke final.

"Alhamdulillah sudah kita dapatkan untuk mereka yang akan masuk ke final nanti Insya Allah akan dilakukan Kota Bandung," kata Atalia, dikutip dari keterangan persnya, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Bubos 2022 Digelar, 3 Daerah di Jabar Ini Terpilih Jadi Tuan Rumah

Ia menyebutkan, kegiatan Kontes Juara Anak Soleh (KOAS) berguna bagi masa depan bangsa dalam memperkuat batiniah.

“Ini adalah masa depan kita Pak Jeje (Bupati Pangandaran). Kita harus bangga mempersiapkan masa depan, tidak hanya fisik tetapi juga spiritual,” ucapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Atalia sempat meninjau dan menyaksikan pelaksanaan lomba azan, dai cilik, hingga tahfiz juz 30 untuk anak-anak di Masjid Al-Istiqomah, Kabupaten Pangandaran, Senin.

"Kontes Juara Anak Soleh dilangsungkan dengan luar biasa kolaborasi dengan tim penggerak PKK Kabupaten Pangandaran dan seluruh stakeholders. Alhamdulillah tadi sudah dilakukan," kata Atalia.

Baca juga: Ridwan Kamil Targetkan Himpun Rp 1,6 Triliun dari Zakat untuk Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jabar

Dia menjelaskan, Kabupaten Pangandaran menjadi tuan rumah bagi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya untuk kegiatan KOAS dan KABAH.

Pembagian itu, kata dia, merupakan hal pertama di Kabupaten Pangandaran. Dengan demikian, ada total sembilan kota atau kabupaten yang hadir dan menampilkan perwakilan-perwakilan terbaik.

"Sembilan kota atau kabupaten ini membawa perwakilan terbaiknya terkait dengan tiga hal pada hari ini lombanya. Pertama, lomba tahfiz Al-Qur'an, yang kedua adalah lomba azan, dan yang ketiga adalah dai cilik," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku bahagia ketika daerahnya dipilih menjadi tuan rumah kegiatan KOAS dan KABAH.

Baca juga: Jabar Dijadikan Pilot Project Sejuta Putri Brilian, Menteri PPPA Ungkap Alasannya

"Suatu kehormatan bagi kami Pangandaran dijadikan tempat kegiatan Kontes Juara Anak Soleh. Semoga menjadi spirit, khususnya bagi anak-anak Pangandaran,” harapnya.

Perlu diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menggelar BUBOS pada Ramadhan 2022. Puncak acara BUBOS dijadwalkan pada Sabtu (23/4/2022), di Alun-alun Kabupaten Kuningan.

Sebelum memasuki acara puncak, ada beberapa rangkaian kegiatan KOAS dan KABAH di tiga daerah yaitu Kabupaten Pangandaran 11 April 2022, Kabupaten Karawang 13 April 2022, dan Kota Bandung pada 14 April 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com