Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Warga Kariuw di Pulau Haruku Dibakar, Diduga Ulah Kelompok Kriminal

Kompas.com - 11/04/2022, 22:14 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Andi Hartik

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Dua rumah warga di Desa Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, yang telah ditinggal pemiliknya terbakar pada Minggu (10/4/2022) malam sekira pukul 19.30 WIT.

Kebakaran dua rumah warga Kariuw itu diduga dilakukan oleh kelompok kriminal yang tak ingin adanya perdamaian di wilayah tersebut.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menegaskan, kebakaran rumah warga tersebut merupakan murni kasus kriminal. Ia meminta semua pihak agar tidak mengaitkannya dengan konflik antardesa di wilayah itu.

Baca juga: Polisi Telusuri Pemilik Senjata Api yang Ditemukan di Hutan Pulau Haruku

“Kita menduga ada kelompok kriminal yang kembali berusaha untuk melakukan aksi kejahatan di sana,” kata Latif kepada wartawan di Ambon, Senin (11/4/2022).

Terkait insiden itu, ia telah memerintahkan anak buahnya untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan menangkap para pelaku pembakaran rumah warga tersebut.

Ia juga meminta warga untuk tidak terprovokasi dengan insiden tersebut. Selain itu, Latif juga meminta bantuan masyarakat agar dapat memberikan informasi terkait pelaku kejahatan itu.

Baca juga: Cerita Nelayan Kecil di Maluku Tengah yang Selalu Luput dari Bantuan Pemerintah

"Kita minta semua pihak membantu Polri untuk bisa berikan informasi. Jangan malah saling tuduh dan terbawa asumsi-asumsi yang membuat semakin sulitnya proses penanganan di sana. Justru harusnya kedua pihak saling bersatu dan memberikan informasi dan membantu aparat TNI Polri agar pelaku dapat ditangkap dan diproses hukum,” tegasnya.

Kebakaran rumah sendiri diketahui saat aparat pengamanan melakukan patroli di desa tersebut. Saat sedang berpatroli, mereka melihat ada titik api pada sebuah rumah yang berada di bagian belakang kampung Kariuw.

Saat menuju rumah itu, aparat melihat orang berlari masuk ke dalam hutan. Sempat dikejar namun orang tak dikenal yang diduga sebagai pelaku pembakaran itu berhasil kabur dan lari masuk dalam gelapnya hutan kawasan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com