Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Motocross MXGP di Samota Sumbawa Dikontrak 4 Tahun

Kompas.com - 31/03/2022, 07:19 WIB
Susi Gustiana,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

SUMBAWA, KOMPAS.com - Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani mengatakan, kontrak penyelenggaraan event Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota, Sumbawa, NTB adalah selama empat tahun mulai dari 2022 sampai 2025.

"Kontrak fee sudah dibayar oleh promotor lokal PT Samota Enduro Gemilang sebesar Rp 8 miliar," kata Dewi, Rabu (30/3/2022).

Dewi memastikan, penggunaan anggaran untuk acara MXGP Samota pada 24-26 Juni mendatang tidak memberatkan APBD Kabupaten Sumbawa. 

Baca juga: Jelang MXGP Samota, Bupati Sumbawa Minta Pelabuhan Badas Dibenahi

"Kita usahakan seminim mungkin APBD kita keluar, karena ada juga bantuan dari pemerintah pusat, donatur, dan sponsorship," ujarnya.

"Yang penting eventnya sukses dulu, agar Samota bisa dikenal sampai mancanegara. Sembari kita berbenah dengan infrastruktur juga. Semuanya berproses," imbuhnya.

Menurut Dewi, Samota sebagai lokasi balap MXGP memiliki daya tarik yang memikat karena terdapat banyak destinasi wisata. 

Misalnya seperti Gunung Tambora, Pulau Moyo, dan akuarium bahari di Teluk Saleh. 

"Infrastruktur pendukung lainnya seperti harian internet, listrik, air bersih, lokasi parkir, tempat sampah, sanitasi, dan camping ground juga sudah disiapkan, tinggal finishing saja," ungkapnya.

Baca juga: Sirkuit MXGP Samota Mulai Dibangun Akhir Maret 2022

Dewi menuturkan bahwa Pemkab Sumbawa juga akan menyiapkan berbagai event wisata pendukung sebelum dan sesudah MXGP, termasuk menyiapkan akomodasi, restoran, UMKM, content creator, pelaku wisata, dan homestay. 

Sejumlah tenaga kerja lokal juga akan dilibatkan secara langsung untuk bertugas sebagai marshal atau pun petugas admin. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com