Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Riset SSC: Emil Dardak Politikus Terpopuler di Kalangan Emak-emak

Kompas.com - 23/02/2022, 20:00 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hasil riset popularitas pimpinan partai politik (parpol) yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan, Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak merupakan politikus terpopuler di kalangan ibu-ibu atau emak-emak.

Dalam survei sama, politikus lainnya seperti Kusnadi dan Anwar Sadad masih kalah populer dengan Emil.

“Emil, Kusnadi, dan Anwar Sadad bersaing ketat secara popularitas yang menyasar responden dari kalangan emak-emak,” ungkap Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Disebutkan Rokim, survei popularitas para politikus yang juga menjabat sebagai pimpinan partai politik (parpol) menunjukkan bahwa popularitas Emil memperoleh hasil 76,2 persen.

“Kemudian baru disusul Kusnadi dengan hasil perolehan 15,6 persen. Sementara itu, Anwar Sadad memeroleh 23,8 persen”, paparnya.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTB, NTT, Kalbar, dan Kalsel 23 Februari 2022

Lebih lanjut, Rokim menyebutkan ada beberapa nama lain yang muncul seperti M Sarmuji dengan perolehan 20,4 persen, Abdul Halim Iskandar 17,4 persen, dan Mundjidah Wahab dengan 11,5 persen.

“Nama-nama (politikus) lain masih di bawah 10 persen, di antaranya Sri Sajekti Sudjunadi dengan perolehan 9,7 persen, Iwan Setiawan 7,7 persen, Ahmad Rizki Sadiq 6,7 persen, Muhammad Mirdasy 5,6 persen, dan Anton Setiaji 5,2 persen,” ucap Rokim.

“(Selanjutnya) Yunianto Wahyudi 4,4 persen, Teguh Cahyadin 3,7 persen, Muhammad Masduki 2,7 persen, Suryono 2,5 persen, dan Daniel Y Lowu 2,1 persen,” urainya.

Pria yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura itu juga mengatakan, hasil survei popularitas ini tidak boleh membuat para politikus terlalu berbangga diri.

Baca juga: Kota Madiun Satu-satunya Wilayah di Jatim yang Naik Level 4, BOR RS Capai 60 Persen

“Pasalnya, masih ada nama-nama dengan popularitas cukup tinggi, di antaranya ada M Sarmuji 20,4 persen dan Abdul Halim Iskandar 17,4 persen. Ini pesaing yang bisa jadi mengungguli secara popularitas,” kata Rokim.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC telah dilaksanakan mulai 1-10 Februari 2022 di sejumlah 38 Kabupaten atau Kota di Jawa Timur.

Adapun sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih tiga persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com