Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dompet Dhuafa dan Maybank Syariah Bantu Sediakan Air Bersih di Pelosok Gunung Kidul

Kompas.com - 14/02/2022, 11:50 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.comWarga Dusun Kadisobo, Girimulyo, Kapanewon, Panggang, Gunung Kidul kini bisa tersenyum bahagia dengan adanya sumber air bersih dari program Air untuk Kehidupan (AUK) hasil kerja sama Dompet Dhuafa dan Maybank Syariah.

AUK menyediakan tambahan suplai air bersih yang bersumber dari Luweng Ngawen di Dusun Kadisobo.

Adanya suplai air bersih itu sudah dinanti para warga karena mereka selalu kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kemarau.

Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta Muhammad Zahron mengaku bersyukur bahwa instalasi Luweng Ngawen bisa mengalirkan air deras kepada warga.

Baca juga: Tingkatkan Faskes Warga Sulteng, Dompet Dhuafa dan Adira Finance Syariah Gulirkan Ambulans Gratis

“Proses panjang sudah bergulir dari November 2021 lalu, kini sudah bisa dimanfaatkan oleh warga. Ini berkah bagi warga Dusun Kadisobo dan donatur Maybank Syariah. Kebetulan dana mengalir melalui Dompet Dhuafa,” tutur Zahron, dikutip dari keterangan pers resminya, Senin (14/2/2022).

Senada, Manager Service Operation Maybank Syariah Area Yogyakarta Yudi Irawan mengatakan, pihaknya merasa senang atas peresmian AUK yang berlangsung pada Kamis (10/2/2022).

“Air adalah salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Maka, pengelolaan dana kebajikan yang terhimpun dari nasabah kami alokasikan untuk program tersebut di beberapa wilayah, salah satunya Dusun Kadisobo,” tuturnya.

Dia menjelaskan, program AUK merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan untuk lingkungan sekitar.

Baca juga: 50 Narapidana Lapas Kelas 1 Tangerang Lulus Pendidikan Kader Dai Dompet Dhuafa

“Semoga manfaat air ini tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan dasar saja, tetapi juga dapat dikembangkan untuk mendukung aktivitas perekonomian warga,” harap Yudi.

Maybank Syariah bersama Dompet Dhuafa meresmikan Air untuk Kehidupan (AUK) di pelosok Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (10/2/2022).DOK. Humas Dompet Dhuafa Maybank Syariah bersama Dompet Dhuafa meresmikan Air untuk Kehidupan (AUK) di pelosok Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (10/2/2022).

Sebagai informasi, peresmian AUK itu ditandai dengan pembukaan kran secara simbolis oleh perwakilan manajemen Maybank Syariah dan Dompet Dhuafa serta warga setempat.

Adanya aliran yang terpancar dari saluran air di lokasi prasasti program tersebut tentunya dapat membahagiakan warga. Sebab, fase pertama AUK bisa menjangkau 130 jiwa dari satu rukun tetangga (RT).

Ke depannya, diharapkan saluran air dapat menjangkau tiga RT dengan total penduduk 500 jiwa.

Baca juga: Dompet Dhuafa Gelar Training Tanggap Bencana di Tepian Danau Toba

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan (Kesra) Desa Girimulyo, Panggang, Gunung Kidul, Riyanto tidak lupa berterima kasih kepada Dompet Dhuafa dan Maybank Syariah yang telah menyediakan air bersih untuk warga.

Ia mengatakan, adanya air bersih di Dusun Kadisobo sudah menjadi impian warga sejak lama.

Alhamdulillah hari ini bisa terwujud. Saatnya kami sebagai warga memanfaatkan airnya dan juga merawat sarana yang ada. Sekali lagi terima kasih dari kami warga Dusun Kadisobo,” papar Riyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com