Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Skema "Travel Bubble" di Kepri, Kapolri Beri Sejumlah Catatan

Kompas.com - 10/02/2022, 05:42 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi booster secara serentak di Hotel Natra Bintan Resort, Rabu (9/2/2022), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad melanjutkan kunjungan kerja menuju Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT).

Kapolri mengecek langsung kesiapan protokol kesehatan alur penerimaan wisatawan dalam skema travel bubble Batam-Bintan-Singapura.

Baca juga: Kapolri Cek Kesiapan Travel Bubble di Bintan

Listyo didampingi oleh Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung dan GM Bintan Resort Wahab mengecek satu per satu alur yang akan dilalui oleh para wisatawan mancanegara.

Mulai dari tes swab PCR, pengambilan blue pass, pengecekan suhu badan, hingga proses check-in aplikasi PeduliLindungi melalui QR code.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Humas Pemprov Kepri, Listyo mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan selama travel bubble perlu diseragamkan antara pintu masuk Bintan Resort dan juga pintu masuk Nongsa Point Marina.

Baca juga: 15 Resor dan Hotel di Lagoi Bintan, Bisa untuk Wisatawan Travel Bubble

Adanya penggunaan blue pass bagi wisatawan dan pekerja resort selama berada di dalam kawasan travel bubble, menurut Listyo, sebagai inovasi yang bagus untuk melacak pergerakan wisawatan dan para pekerja.

"Saya kira ini bisa dipadukan, sehingga kemudian bisa memperkuat. Namun, di sisi lain tentunya kenyamanan para wisatawan yang datang bisa terjaga," kata Listyo, Rabu.

Selain itu, Listyo juga mengarahkan agar pergerakan keluar masuk wisatawan mancanegara di dalam kawasan travel bubble selalu dipastikan dalam pengawasan.

Baca juga: Indonesia Terapkan Sistem Travel Bubble untuk Rombongan MotoGP

Untuk itu, dirinya menekankan agar penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan blue pass dapat dimaksimalkan.

"Tempat-tempat yang tingkat interaksinya tinggi, harus kita pastikan sterilitasnya selalu terjaga. Maka seluruh tamu dan wisatawan dalam kondisi yang sehat," kata Listyo.

Terakhir, Kapolri yakin bahwa melalui skema travel bubble Batam-Bintan-Singapura, maka pengembangan ekonomi pariwisata dapat berdampak naik, sembari memastikan penularan virus Covid-19 dapat dicegah seminimal mungkin. 

Baca juga: Bintan Resort Disiapkan Jadi Pilot Project Travel Bubble, Kepri Siap Dibuka untuk Turis Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com