Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabur dari Ponpes, 2 Santriwati Asal Subang dan Jakarta Berbohong Telah Diculik hingga Diperkosa

Kompas.com - 26/01/2022, 10:44 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Polisi membongkar kebohongan dua orang santriwati salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Santriwati berinisial H (14) asal Kabupaten Subang, Jawa Barat dan R (14) asal Jakarta mengaku menjadi korban penculikan dan pemerkosaan.

Mereka kemudian berkata dibuang di wilayah Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.

Baca juga: Bupati Aceh Tenggara Pecat Kepala Baitul Mal yang Diduga Perkosa Santri

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry mengatakan, kebohongan itu terbongkar setelah polisi melakukan konseling kepada kedua santriwati.

"Kedua santriwati tersebut akhirnya mengakui mereka hanya kabur karena tak betah di pesantren," kata Berry kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

"Sehingga dapat dipastikan, kabar penculikan dan pemerkosaan dua orang santriwati merupakan perkataan bohong," tegas Berry.

Berry menjelaskan, peristiwa sebenarnya kedua santri kabur dari ponpes, Kamis (20/1/2022). Mereka kemudian menuju ke rumah kerabat R yang berada di Kecamatan Wangon.

"Sesampainya di Wangon mereka sempat meminum minuman. Dari pengakuannya seperti sabun, hingga mereka setengah tak sadar," ujar Berry.

Baca juga: Pengakuan Suami yang Culik Istrinya Sendiri: Saya Masih Sayang, Ingin Bersama Lagi Rawat Anak

Kepada kerabatnya, R mengaku diculik seseorang saat sedang membeli jajan di belakangan ponpes. Kerabat korban lantas mengadukan peristiwa itu itu ke Mapolsek Wangon.

"Saat ini kedua santriwati masih bersama keluarga. Rencana dalam waktu dekat akan dilakukan konseling dan pemeriksaan psikologi oleh psikolog UPTD PPA Banyumas," kata Berry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com