Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pengunjung Pertama Candi Borobudur di 2022, Dua Keluarga Ini Dapat Pelayanan Khusus

Kompas.com - 01/01/2022, 19:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Dua keluarga asal Jepara dan Garut menjadi pengunjung pertama Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/1/2022).

Mereka disambut tim pengelola di main gate atau pintu utama Taman Wisata Candi Borobudur, sekitar pukul 07.00 WIB. General Manajer TWC Aryono Hendro mengalungkan syal khas Borobudur kepada keluarga tersebut.

Baca juga: Berwisata ke Candi Borobudur, Cek Harga Tiket, Jam Buka, dan Sejarahnya

“Suatu kebanggaan bagi kami, dapat memberikan apresiasi kepada para pengunjung pertama di 2022. Salah satu souvenir syal yang kami persembahkan ini adalah hasil karya dari UMKM Mitra Binaan kami," kata Aryono di Magelang, Sabtu.

Kedua keluarga itu lalu mendapatkan voucher dan diajak mengelilingi destinasi wisata super prioritas tersebut menggunakan mobil listrik. Bahkan, mereka juga diajak menanam pohon di kawasan Candi Borobudur.

Dua keluarga asal Jepara dan Garut menjadi pengunjung pertama Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/1/2022). Mereka berkesempatan untuk menanam pohon di kawasan itu.KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Dua keluarga asal Jepara dan Garut menjadi pengunjung pertama Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/1/2022). Mereka berkesempatan untuk menanam pohon di kawasan itu.
Menurut Aryono, penanaman pohon tersebut sejalan dengan program TWC 2022 perihal Friendly Environment Activity menuju go green. Wisatawan juga diberi kesempatan memberikan pupuk organik hasil pengolahan sampah internal Taman Wisata Candi Borobudur.

“Kami mengajak para pengunjung pertama untuk menanam pohon di kawasan Candi Borobudur. Kami fasilitasi mereka, kami siapkan media tanamnya, kami siapkan pohonnya," jelas Aryono.

Aryono menambahkan, kegiatan tersebut menjadi sebuah harapan sekaligus kampanye awal tahun tentang TWC Go Green yang diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan.

"Kami juga ingin membangun kepedulian masyarakat, betapa pentingnya area hijau di sekitar kita, terutama di lingkungan cagar budaya," terang Aryono.

Sementara itu, Almak Karuna Almasih pengunjung pertama asal Garut, Jawa Barat, tidak menyangka terpilih sebagai wisatawan pertama di Candi Borobudur pada 2022.

Baca juga: Jadi Penyangga Borobudur, Wonogiri Siap Unggulkan Obyek Wisata Ini

Ini akan menjadi momentum liburan keluarga yang tidak akan pernah terlupakan. Selain diberi souvenir, ia dan keluarganya diajak keliling taman.

"Saya sangat senang, apalagi ini kunjungan pertama bagi anak saya ke Candi Borobudur dan mendapatkan kenangan spesial menanam pohon di kawasan Candi Borobudur,” kata Almak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com