Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicopot Bupati gara-gara Hadiah Atlet Cuma Rp 95.000, Kadispora Pandeglang Pasrah

Kompas.com - 20/12/2021, 21:52 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Bupati Pandeglang Irna Narulita memecat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pandeglang sebagai imbas pemberian hadiah Rp 95.000 untuk atlet pemenang Bupati Cup.

Irna mengatakan, Kadispora Dadan Saladin dipecat karena sudah mencoreng nama baik dirinya sebagai bupati.

"Sudah saya berikan peringatan tadi, copot Kadispora," kata Irna saat menyerahkan hadiah tambahan kepada atlet di Setda Pandeglang, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Hadiah Bupati Cup Rp 95.000 Disebut Kelebihan, Warga Pandeglang Kembalikan Rp 1.000 ke Kadispora

Pada pagi hari sebelumnya, Irna juga menyemprot langsung Dadan saat apel Senin. Irna meluapkan amarah saat apel tersebut. Dia mengatakan, nama baiknya tercoreng karena Kadispora.

"Anda salah, yang ditampar bupati, lolos juga tuh kegiatan Bupati Cup, nyaho henteu bupatina, komo ke teknis-teknis hadiah (tahu tidak bupatina, apalagi ke teknis hadiah), yang tolol bupatinya atau yang tolol kadis, mencoreng nama baik bupati," kata Irna.

Irna mengatakan tidak tahu adanya kegiatan Bupati Cup tersebut karena tidak ada laporan. Kepala Dinas juga tidak datang untuk konsultasi saat hendak menyelenggarakan acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Irna juga meminta Inspektorat untuk mengaudit kegiatan Bupati Cup. Kata dia, perlu dilakukan penelusuran terhadap kegiatan yang menelan anggaran sebesar Rp 150 juta itu karena Dispora hanya menyisihkan Rp 30 juta untuk hadiah.

"Inspektorat audit, Rp 150 juta, hadiah Rp 80 (juta), Rp 100 (juta) juga oke, Rp 50 (juta) kegiatannya, ulah loba ngabatina (jangan banyak ambil untung)," kata Irna.

Baca juga: Marah Nama Baiknya Tercoreng karena Hadiah Rp 95.000, Bupati Pandeglang Copot Kadispora

Terkait pencopotan Kadispora, Irna belum menyebut sanksi tersebut akan diberlakukan.

Pasrah

Menanggapi pencopotan yang dikatakan Irna tersebut, Dadan bersikap pasrah.

"Ya copot-copot saja, rezeki, ajal sudah ada ketentuannya dari Allah, hanya bagaimana kita menyikapinya," kata Dadan.

Dadan tidak menampik pernyataan Irna yang disebut sudah mencoreng nama baik bupati. Dadan juga mengakui dirinya tidak melaporkan kegiatan tersebut ke bupati.

"Enggak ada komunikasi ke Ibu, kelemahan saya tidak lapor," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, foto hadiah Bupati Cup untuk ajang pertandingan olahraga di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, senilai Rp 95.000 viral di media sosial.

Dalam unggahan di sejumlah media sosial, beredar foto tiga amplop bertulisan 'Juara Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2021' melalui pesan WhatsApp. Tertera juga logo Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam amplop tersebut.

Sementara di sisi masing-masing amplop dalam foto itu berjejer beberapa lembar uang.

Saat dihitung jumlahnya Rp 165.000 untuk amplop bertulisan Juara II, dan Rp 95.000 untuk dua amplop bertulisan Juara III.

Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pandeglang Ahmad Jubaedi membenarkan foto yang beredar adalah hadiah untuk Bupati Cup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com