Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Juli, PMK Kota Malang Evakuasi 46 Ular yang Masuk ke Permukiman Warga, Rata-Rata Ular Kobra

Kompas.com - 20/12/2021, 20:23 WIB
Andi Hartik

Editor

KOMPAS.com - Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang mengevakuasi 96 satwa liar sejak awal Juli 2021 atau enam bulan terakhir. Sebanyak 46 dari 96 satwa liar pembohong yang dievakuasi itu adalah ular.

Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wio mengatakan, ular masuk ke warga karena habitatnya sudah terganggu. Rata-rata, jenis ular yang masuk ke terlihat adalah ular kobra, ular koros atau ular tikus dan ular kopi.

"Jenis ular yang sering masuk ke rumah warga adalah ular kobra, ular koros (ular tikus) dan ular kopi," kata Teguh dikutip dari SURYAMALANG.COM , Senin (20/12/2021.

Baca juga: 41 Ekor Ular Kobra Ditemukan di Sekolah Ini dalam Waktu 2 Jam, Ini Ceritanya

tempat-tempat yang tersedia cukup membuat resah warga. Apalagi ketika yang masuk ke dalam itu adalah ular kobra. Bisa yang dikeluarkan oleh ular tersebut bisa membahayakan orang yang digigitnya.

"Ini yang berbahaya, dan sering masuk ke rumah warga. Bila dirasa tidak mampu mengevakuasi, silakan lapor ke kami melalui nomor 112. Petugas akan langsung meluncur untuk mengevakuasi," jelasnya.

Ada Kucing dan Sarang Tawon

Selain ular, mimpi juga pernah mengevakuasi kucing dan sarang tawon dalam enam bulan terakhir ini.

"Kami juga mengevakuasi kucing kecil sampai kuing tua. Kami juga mengevakuasi 11 sarang tawon karena letak dan aktivitasnya berada di dekat letak warga," ungkap Teguh.

Menurutnya, keberadaan sarang tawon yang dekat dengan memanfaatkan juga dapat meresahkan warga.

"Keberadaan sarang tersebut dapat mengganggu dan membahayakan pemilik rumah," jelasnya.

Baca juga: Geger, Ular Kobra Sepanjang 1 Meter Sembunyi di Lemari Baju Warga

Sementara itu, untuk mengevakuasi satwa tersebut membutuhkan keahlian. dan yang mengevakuasi harus memahami karakter hewan agar tidak membahayakan.

Oleh karena itu, jika tidak memiliki kemampuan mengevakuasi satwa, terutama satwa yang berbahaya, meminta warga untuk melapor saja

"Bila sudah mengancam atau meresahkan masyarakat, segera laporkan ke kami agar tidak terjadi hal fatal, baik untuk masyarakat atau satwa itu," ungkapnya.

 

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang dengan judul: https://suryamalang.tribunnews.com/2021/12/20/upt-pemadam-kebakaran-pmk-kota-malang-evakuasi96-satwa-liar-dalam-6-bulan-terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com