Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kejar Target Vaksinasi Dosis Kedua, Pemkab Lakukan Home Visit di 25 Kecamatan

Kompas.com - 01/12/2021, 09:55 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar home visit (kunjungan) serentak ke 25 kecamatan untuk mengoptimalkan capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Dia menjelaskan, kebijakan home visit serentak di 25 kecamatan bertujuan mengejar capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang baru mencapai 75 persen.

Untuk itu, bupati yang akrab disapa Jekek itu mengatakan, dibutuhkan terobosan agar capaian vaksinasi tahap kedua segara seimbang dengan dosis pertama yang saat ini sudah mencapai 92 persen.

”Kami akan kejar target di vaksinasi keduanya agar seimbang dengan vaksinasi pertama. Dan capaian yang belum optimal akan kita optimalkan termasuk terakhir home visit serentak di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (1/12/2021).

Baca juga: Cetuskan 309 Inovasi Baru, Wonogiri Masuk Nominasi IGA Kemendagri 2021

Jekek memperkirakan, target capaian vaksinasi Covid-19 berdasarkan data nomor induk kependudukan (NIK) maksimal mentok pada persentase 94 persen.

Sebab, enam persen penduduk lainnya yang belum tervaksin dimungkinkan meninggal atau pindah domisili.

“Untuk itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri akan memverifikasi apakah NIK yang masuk dalam daftar 12 plus itu peristiwa kependudukannya seperti apa. Bisa jadi sudah meninggal atau pindah domisili,” terangnya.

Untuk mencapai kekebalan komunitas, dibutuhkan capaian yang seimbang antara vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.

Data terakhir menunjukkan, capaian vaksinasi dosis pertama total sebanyak 785.560 orang (91.81 persen), tenaga kesehatan 6.446 orang (173.28 persen), lanjut usia 140.927 orang (84,26 persen), petugas pelayanan publik 111.974 (180.87 persen,), masyarakat rentan dan umum 442.730 (78.48 persen), dan remaja (Usia 12-17 tahun) 79.775 (90,51 persen).

Baca juga: Tidak Ada Klaster Sekolah di Wonogiri, Bupati Jekek Ingin PTM 100 Persen

Tak abai prokes

Lebih lanjut, Jekek mengingatkan agar seluruh warganya tak abai protokol kesehatan (prokes) kendati capaian vaksinasi dosis pertama hampir menyentuh di angka 92 persen.

“Agar warga tak abai prokes, nanti akan kami perkuat dengan kebijakan Natal dan Tahun Baru (nataru). Karena pemerintah menaikkan level kami dari level dua ketiga seluruh Jawa dan Bali,” jelasnya.

Jekek mengatakan, kebijakan tersebut akan dilaksanakan dengan mengundang para camat agar menyampaikan kepada kepala desa dan lurah untuk mengingatkan kembali warga tidak lengah dan tetap disiplin menjalankan prokes.

“Ada satu kondisi yang harus ditingkatkan kewaspadaan terkait dengan nataru. Libur nataru menjadi satu momentum yang krusial untuk melakukan antisipasi secara struktural,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Jekek Optimistis Pembangunan 14.142 RTLH Wonogiri Selesai pada 2024

Oleh karenanya, Pemkab Wonogiri melakukan fungsi-fungsi koordinasi dari pemkab ke pemerintah desa dan kelurahan dengan sistem kendali dari satuan tugas (satgas) di tingkat kecamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com