Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tertinggi di Sumut, Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Kota Medan Capai 76,25 Persen, Pelajar 50 Persen

Kompas.com - 15/11/2021, 21:02 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Medan menjadi salah satu daerah dengan capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dikutip Kompas.com dari laman vaksin.kemkes.go.id, tercatat hingga Senin (15/11/2021) pukul 18.00 WIB, vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kota Medan sudah mencapai 1.481.506 orang atau 76,25 persen dari target yang ditetapkan provinsi Sumut.

Percepatan vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu upaya penanganan Covid-19 yang terus digenjot oleh Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution, termasuk vaksinasi untuk pelajar.

Tercatat, capaian vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kota Medan sudah mencapai 50 persen dari target. Angka ini membuat Kota Medan menjadi salah satu daerah dengan capaian vaksinasi pelajar tertinggi di Sumut.

Baca juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Walkot Bobby Maksimalkan Program Kemendikbud Ristek

Bobby memaparkan, pihaknya terus mempercepat vaksinasi pelajar sebagai perlindungan bagi siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mulai mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

Sebagai informasi, target vaksinasi Covid-19 bagi pelajar SMP di Kota Medan kurang lebih sebanyak 105.000 pelajar. Hingga kini, lebih dari 60.000 pelajar SMP sudah divaksinasi.

“Kalau (vaksinasi) untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), kami harus berkoordinasi dengan Pemprov Sumut. Meski demikian kami tetap memfasilitasinya,” tutur Bobby dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Ia mengatakan, ketika pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kota Medan masih berada pada level 4 dan 3, vaksinasi pelajar masih sedikit, yaitu sekitar 4.000 orang saja.

Baca juga: Kesawan City Walk, Sentra Wisata Kuliner Medan, Dibuka Kembali Mulai 19 November

“Sekarang, capaiannya sudah di angka 60 ribu,” ujar Bobby.

Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, lanjut dia, terus diupayakan demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Mardohar Tambunan memaparkan, hingga 12 November 2021, jumlah capaian vaksinasi bagi pelajar di Kota Medan sudah mencapai angka 84.38 persen atau sebanyak 191.670 orang pelajar.

“Sementara, dosis kedua sudah 45,49 persen atau sebanyak 103.339 pelajar yang telah divaksinasi. Ini akan terus kita dorong pelaksanaannya,” kata Mardohar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com