Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus DBD Merebak di Tasikmalaya, 625 Warga Terjangkit hingga November 2021

Kompas.com - 11/11/2021, 14:20 WIB
Irwan Nugraha,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat sebanyak 625 orang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) selama Januari sampai awal November 2021.

Adapun 12 orang di antaranya meninggal dunia dan masih ada 11 orang yang menjalani perawatan di rumah sakit sampai Kamis (11/11/2021).

"Kasus DBD di Kota Tasikmalaya dari awal Januari tercatat ada 625 kasus. 12 orang di antaranya meninggal dunia. Hari ini masih ada yang masih dirawat di rumah sakit," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Panyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, kepada Kompas.com, Kamis siang.

Baca juga: Kasus DBD Meningkat, Warga Kulon Progo Ramai-ramai Bersihkan Kampung

Asep menambahkan, memasuki musim hujan sejak September 2021 sampai sekarang merupakan tambahan kasus DBD terbanyak.

Sehingga, warga diminta untuk terus menjalankan pola hidup bersih dan memberantas sarang nyamuk di lingkungannya masing-masing.

"Kalau sejak awal November saja sekarang paling banyak. Sampai awal bulan ini tercatat sudah ada 20 kasus DBD. Makanya, musim hujan sekarang paling banyak terdapat tambahan kasusnya," tambah dia.

Baca juga: Sebanyak 26.541 Kader Kesehatan Dikerahkan Berantas DBD di Surabaya

Penambahan kasus DBD ini bukan hanya di Kota Tasikmalaya saja, lanjut Asep, tapi meningkat jumlah kasusnya se-wilayah Jawa Barat.

Sehingga, musim hujan tahun ini masyarakat di seluruh daerah Jawa Barat diminta untuk fokus menangani penambahan kasus DBD, selain dari penyebaran pandemi Covid-19.

"Jadi di Jabar kasus DBD meningkat saat masih masa pandemi. Ini pencegahannya dilakukan oleh bersama, termasuk masyarakatnya dalam menjaga kebersihan dan memberantas sarang nyamuk di rumah dan lingkungannya masing-masing," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com