Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pasangan Moka Jabar 2021 Resmi Terpilih, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Menjadi Teladan

Kompas.com - 10/10/2021, 12:07 WIB
Hisnudita Hagiworo,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terpilihnya Siti Ulfa Atamimi sebagai Mojang Jawa Barat (Jabar) dan Mahathir Mohammad sebagai Jajaka Jabar 2021 membawa harapan baru bagi wilayah Jabar. Pasangan ini diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

“Semoga (Mojang dan Jajaka) bisa menjadi teladan, kuat dalam agamanya, mulia dalam akhlaknya, serta mengusai budaya dan senantiasa sehat fisiknya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam acara Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) 2021, Sabtu (9/10/2021).

Menurut gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, Moka dituntut kontribusinya membantu proses pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19. Salah satu caranya dengan mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Sejumlah Daerah di Jabar Naik Jadi Level 3 PPKM, Ini Kata Ridwan Kamil

Selain itu, sebagai persiapan beralih dari pandemi ke endemi Covid-19, Kang Emil meminta Moka turut mensosialisasikan adaptasi kebiasan baru (AKB) kepada masyarakat.

“Jadi, kalau nanti kami butuhkan contoh-contoh pemuda yang teladan di era Covid-19, kelompok Mojang Jajaka ini yang diharapkan," kata Kang Emil.

Atalia Praratya Ridwan Kamil yang juga hadir dan menjadi juri kehormatan Pasanggoro Mojang Jajaka 2021 mengaku terkejut dengan kemampuan dan kepercayaan peserta.

“Mereka kepercayaan dirinya muncul, mereka juga berbahasa dengan sangat baik, baik berbahasa daerah maupun Bahasa Inggris itu saya apresiasi," ujar Atalia.

Baca juga: Jabar Jadi Provinsi Potensial untuk Dunia Pasar Modal, Ridwan Kamil: Minat Investasi Masyarakat Tinggi

Alia pun mengungkapkan, dalam menentukan pemenang, tidak hanya urusan fisik. Para juri juga melihat berbagai aspek, seperti perilaku, tata cara bergaul, dan juga pengetahuan. Ketiga hal tersebut menjadi paket lengkap yang harus dimiliki Moka Jabar.

Ia berharap Moka terpilih dapat menjadi wajah baru Jabar yang bisa membawa diri dengan baik.

"Teman-teman yang saat ini menjadi wajahnya Jawa Barat dapat menjadi idolanya anak-anak muda dengan segala prestasinya. Jadi, saya mengapresiasi kegiatan hari ini,” kata Atalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com