Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Sumsel Melandai, Kini Tinggal 12 Pasien Bergejala Berat Dirawat di Ruang ICU

Kompas.com - 06/10/2021, 19:07 WIB
Aji YK Putra,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat, saat ini ada sebanyak 12 orang pasien Covid-19 dengan gejala berat yang masih dirawat di ruang ICU rumah sakit.

Jumlah itu sangat menurun drastis bila dibandingkan pada dua bulan terakhir, dengan hampir seluruh ruang ICU rumah sakit di Sumsel penuh karena kewalahan menghadapi pasien yang terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, 12 pasien yang masih dirawat itu ada di empat wilayah.

Baca juga: UPDATE 6 Oktober: Ada 28.381 Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Rinciannya berada di Kota Palembang sebanyak delapan orang, Kota Prabumulih dua orang, Kota Pagaralam satu orang dan Kabupaten Banyuasin satu orang.

Mereka dirawat karena mengalami gejala berat akibat terpapar virus Corona.

“Pasien yang dirawat (di rumah sakit) karena mengalami gejala berat. Untuk sekarang dalam sehari hanya sekitar 5-20 kasus, mereka (pasien Covid-19) yang terpapar rata-rata hanya gejala ringan,” kata Lesty kepada wartawan ketika berada di kantor Gubernur Sumsel, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 Deli Serdang Kosong, Gubernur Edy Singgung soal Distribusi Prioritas

Namun dengan turunnya jumlah kasus positif di Sumsel, angka tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit masih berada di angka 76 persen, jauh di atas standar WHO.

“Bahkan, beberapa ruang ICU rumah sakit khusus Covid-19 di Sumsel ada yang memiliki tingkat keterisian mencapai 100 persen,”ujarnya.

Selain kasus yang menurun, tingkat kesembuhan di Sumsel pun kini sudah mencapai 94,48 persen. Sedangkan tingkat kematian berada di angka 5,11 persen.

“Sekarang pasien yang dirawat karena Covid-19 hanya kisaran waktu seminggu setelah itu sudah negatif. Pasien yang lama dirawat itu rata-rata karena memiliki kormobid,” jelas Lesty.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com