KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Kunjungi Mimika, Ganjar Dapat Sambutan Spesial dan Banjir Ucapan Terima Kasih

Kompas.com - 05/10/2021, 15:17 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat sambutan spesial dari sejumlah warga Papua saat berkunjung ke Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10/2021).

Sambutan tersebut kebanyakan datang dari para orangtua atau saudara dari mahasiswa dan pelajar Papua yang ada di Jateng.

Sambutan itu bukanlah tanpa alasan. Warga Papua merasa senang menyambut kedatangan Ganjar karena merasa selama ini ia peduli terhadap mahasiswa dan pelajar Papua yang sedang menempuh pendidikan di Jateng, khususnya selama masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, Ganjar merupakan satu-satunya gubernur yang mengunjungi sejumlah asrama mahasiswa luar Jateng selama pandemi. Ia datang untuk memastikan kondisi para mahasiswa dan pelajar, sekaligus membawa bantuan untuk mereka.

Baca juga: Natalius Pigai Dilaporkan ke Bareskrim atas Dugaan Ucapan Rasialisme terhadap Jokowi-Ganjar

Di antara asrama-asrama itu, Ganjar tidak lupa datang ke asrama mahasiswa Papua di Semarang dan Salatiga serta asrama pelajar Mimika di Kedungmundu, Semarang.

Salah satu tokoh masyarakat bernama Johannes Kemong menyatakan rasa terima kasihnya kepada Ganjar. Sebab, selama pandemi, Ganjar mengunjungi, memberi bantuan, dan menjamin keamanan para pelajar dan mahasiswa Papua.

"Kami terima kasih sekali kepada Pak Ganjar, karena selama di Semarang dan Salatiga, itu adik-adik kami diperhatikan," kata Johannes, dikutip dari keterangan pers Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Selasa (5/10/2021).

Dia bercerita, selama pandemi, Ganjar juga turut melihat anak-anak di asrama serta membagikan beras, mie, dan makanan untuk mereka.

Baca juga: Soal Kicauan Rasial Natalius Pigai terhadap Jokowi dan Ganjar, Gibran: Tidak Usah Ditanggapi

“Beliau itu perhatian, dan itu fakta. Kami tidak bisa balas kebaikan beliau selain ucapan terima kasih,” ujarnya.

Menurut dia, para pelajar dan mahasiswa Papua di Semarang mengatakan bahwa Ganjar turut menjaga keamanan mereka selama di Jateng. jadi, ketika ada isu apa pun yang terjadi, orangtua tetap merasa aman.

“Di sana sudah dijamin Pak Gubernur. Anak-anak telepon kami, membuat kami tenang,” lanjut Johannes.

Senada dengan Johannes Kemong, ucapan terima kasih juga disampaikan Natex Bugaleng, warga Mimika lain yang turut menyambut kedatangan Ganjar.

Baca juga: Baranusa Laporkan Natalius Pigai soal Kicauan Rasial terhadap Jokowi dan Ganjar, Polisi Arahkan ke Mabes Polri

Natex memiliki tiga adik yang sedang belajar di Semarang dan mengaku senang bahwa Ganjar memperhatikan mereka selama berada di sana.

"Kami orangtua, kakak-adik dan keluarga ucapkan terima kasih kepada Pak Ganjar, karena dalam situasi Covid-19, beliau bantu adik-adik di asrama. Dan adik-adik saya mendapatkan itu," ungkapnya.

Tidak ketinggalan, Natex juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Ganjar saat peresmian asrama pelajar di Semarang.

“Waktu itu anak-anak Timika diberi listrik gratis. Memang benar itu, karena kami sendiri saat kuliah di Semarang merasakan betul nyaman dengan Pak Ganjar. Beliau sudah seperti orangtua kami, ayah dan ibu kami,” kata Natex.

Baca juga: Iriana Jokowi Berulang Tahun, Ganjar Pranowo Sampaikan Ucapan dengan Cerita Unik

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com