Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Vaksinasi Mahasiswa, Pemprov DIY: Rencananya Pertengahan Oktober Kita Mulai Kuliah Tatap Muka

Kompas.com - 02/10/2021, 08:30 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melakukan vaksinasi bagi mahasiswa pada Sabtu (2/10/2021).

Vaksinasi itu dilakukan karena kuliah tatap muka segera digelar dengan syarat 80 persen mahasiswa telah divaksin.

Baca juga: Konser di Yogyakarta Hanya Boleh Digelar Padukan Daring dan Luring

"Besok dimulai karena DIY kota pelajar, besok kita pantau vaksinasi bagi mahasiswa di UNY," kata Ketua Tim Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi saat ditemui di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Jumat (1/10/2021).

Sumadi menambahkan, vaksinasi itu menyasar 4.000 orang yang terdiri dari sebagian besar mahasiswa dan warga sekitar. Vaksinasi itu digelar selama dua hari.

"Sekarang ini perguruan tinggi sudah tanggap terhadap mahasiswa yang belum mendapatkan vaksin. Rencana pada Oktober awal atau pertengahan kita mulai (kuliah) tatap muka," kata dia.

"Pak Gubernur juga sangat hati-hati dalam membuka kuliah tatap muka. Dengan persyaratan 80 persen mahasiswa sudah divaksin," imbuh Sumadi.

Sumadi menambahkan, vaksinasi yang diadakan Pemprov Yogyakarta tak hanya menyasar warga yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DIY. Namun, mulai menyasar warga yang berdomisili di DIY, khususnya pelajar dan mahasiswa.

"Pada rapat koordinasi, Pak Gubernur mengajukan tambahan jumlah vaksin. Kita belum ada angka pasti, tetapi yang jelas tambahan kira-kira hampir 300.000," jelas Sumadi.

Pemerintah DIY meminta kerja sama universitas untuk memetakan jumlah mahasiswa yang belum divaksin. Menurut Sumadi, pihak universitas memahami data tersebut.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Targetkan Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Selesai Pekan Depan

Ia menambahkan, secara keseluruhan Pemprov DIY menargetkan vaksinasi menyentuh 100 persen untuk dosis pertama pada November.

"Sasaran vaksin 2,8 juta tetapi ada tambahan mahasiswa jadi total sekitar 3 juta. Kalau bisa 100 persen pada akhir November, untuk dosis pertama," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com