Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berebutan Ambil Telur yang Dibagikan di Blitar, Peternak: Telur yang Mau Dijual Juga Diambil Warga...

Kompas.com - 28/09/2021, 15:41 WIB
Asip Agus Hasani,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

BLITAR, KOMPAS.com - Peternak ayam petelur mencoba mengalihkan pembagian telur ke lokasi lain setelah batal menggelar bazar dan bagi-bagi telur gratis di kawasan kantor Pemerintah Kabupaten Blitar.

Ribuan warga yang kebanyakan sudah menunggu sejak pagi pun menjadi tidak sabar dan berebut telur yang ditempatkan di bak mobil-mobil pikap yang dibawa peternak.

Mereka mengambil telur sebelum dibagikan, bahkan telur yang hendak dijual pun sebagian ikut diambil.

Baca juga: Didatangi Ribuan Orang, Polisi Bubarkan Aksi Bagi-bagi Telur Gratis di Blitar

Kericuhan pembagian telur ini terjadi di sejumlah titik, antara lain di simpang tiga Hotel Herlingga di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Koordinator Lapangan Aksi Keprihatinan Peternak Blitar Raya, Yesi Yuni, membenarkan adanya kekacauan dan tindakan warga yang ia sebut sebagai penjarahan.

"Kami belum menghitung berapa yang dijarah, tapi yang jelas telur yang mau dijual juga ikut diambil warga," ujar Yesi, Selasa (28/9/2021).

Kata Yesi, ratusan peternak yang berpartisipasi pada aksi bagi-bagi telur akhirnya memilih segera pulang ke rumah masing-masing.

Yesi kembali mengungkapkan bahwa panitia tidak menyangka antusias warga yang datang dan menantikan aksi pembagian telur gratis.

Baca juga: Aksi Keprihatinan, Peternak di Blitar Bagikan 25.000 Butir Telur Gratis Pagi Ini

Sementara itu, Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Ahmad Rochan membenarkan adanya kerumunan di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Menurut Rochan, kerumunan warga dalam aksi pembagian telur setidaknya terjadi di 5 titik dengan setiap titiknya terdapat kerumunan 100 hingga 200 warga.

"Yang kami lakukan kemudian adalah meminta panitia mempercepat pembagian telur dan kegiatan lain dan juga meminta warga segera meninggalkan lokasi," ujar Rochan.

Diberitakan sebelumnya, aksi bagi-bagi telur gratis oleh peternak ayam petelur di depan kantor Pemerintah Kabupaten Blitar dibubarkan pihak Polres Blitar sekitar pukul 09.00 WIB.

Polisi membubarkan lantaran muncul kerumunan warga yang ingin mendapatkan pembagian telur dari peternak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com