Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Landa Ciamis, Satu Rumah Warga Tertimbun, Masjid Terancam Ambles

Kompas.com - 27/09/2021, 15:24 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Warga Kampung Cigunungsatu, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bergotong royong membereskan tumpukan longsoran tanah yang menimpa sebuah rumah warga dan mengancam bangunan masjid ambles di wilayah itu, Senin (27/9/2021).

Sebuah bangunan penahan tebing masjid longsor akibat cuaca buruk dan menimpa bangunan rumah warga di bawahnya saat hujan terjadi tak henti-hentinya dalam beberapa hari terakhir.

Ipan Darpan (30), pemilik rumah, mengatakan, gotong royong warga bersama petugas BPBD, polisi, dan TNI ini sudah dilakukan sejak Minggu (26/9/2021) untuk membersihkan material longsoran tanah.

"Longsor terjadi malam hari saat hujan terus-menerus sampai Minggu dini hari. Kalau malamnya kan berbahaya membereskan longsoran, jadi kita lakukan siang harinya," tambah dia.

Baca juga: Detik-detik Mobil Boks dan Garasinya Amblas Terbawa Longsor, Pemilik Kaget Saat Bangun Belakang Rumahnya Jadi Jurang

Ivan menuturkan, saat kejadian dirinya bersama keluarganya sedang tidur dan mendengar suara hantaman keras dari atas bagian belakang rumahnya.

Sontak, dirinya terbangun dan mengecek langsung bagian dapur rumahnya sudah tertutup longsoran tanah sebuah tebing penahan masjid di belakang rumahnya.

"Bukan hanya bangunan, namun semua barang yang berada di dapur juga ikut rusak. Bahkan belasan ayam milik saya yang berada di kandang, di belakang dapur juga ikut mati tertimbun longsor," tambah dia.

Ipan berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis membantu dirinya agar dapur miliknya kembali bisa dibangun.

“Ingin dapat bantuan dari pemerintah untuk pembangunan dapur,” tambahnya.

Baca juga: Tujuh Dusun di Ciamis Dilanda Longsor, 3 Rumah Tertimbun, Jalan Rusak, Warga Pun Mengungsi

Hingga saat ini belum diketahui pasti berapa kerugian yang dialami oleh Ipan akibat longsor tersebut. 

Selain dapur milik Ipan, longsor juga ikut menimbun sebagai kolam milik warga yang berada di bawah bangunan masjid tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com