Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tangsel Raih Anugerah Parahita Ekapraya, Walkot Benyamin: Ini Bentuk Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender

Kompas.com - 24/09/2021, 11:51 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama Tahun 2020 yang diraih pihaknya merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA). Penghargaan ini diberikan karena kami memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender (pug)," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Adapun komitmen Pemkot Tangsel dalam pengarusutamaan gender tertuang dalam beberapa kebijakan. Mulai dari penganggaran, program kegiatan hingga penerapan kebijakan pug kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca juga: Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Diharapkan Perkecil Kesenjangan

Pernyataan itu Benyamin sampaikan saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diserahkan secara simbolis oleh Kementerian PPPA, Kamis (23/9/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel, Khairati menjelaskan, penghargaan APE dari Kementerian PPPA merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (pemda).

Komitmen dan peran yang dimaksud adalah dalam upaya mewujudkan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Baca juga: Menteri PPPA Sebut Pemerintah Prioritaskan Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender

"Kota Tangsel mulai berpartisipasi pada kegiatan APE ini sejak 2014. Dari partisipasi tersebut, kami telah menerima penghargaan kategori madya. Kemudian di tahun 2016, 2018, dan 2020 meningkat ke kategori utama," ucap Khairati.

Untuk target ke depan, kata dia, pihaknya akan terus berupaya untuk memperbaiki kinerja agar dapat meraih penghargaan mentor.

"Penghargaan paling tinggi mentor, tetapi mayoritas penghargaan ini diraih oleh kementerian. Kendati demikian, kami tetap optimis untuk terus memperbaiki diri untuk meraih penghargaan yang terbaik," imbuh Khairati.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com