Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Viktor Usulkan Pembangunan Lab Kesehatan Hewan untuk Tangani Flu Babi Afrika di NTT

Kompas.com - 23/09/2021, 06:04 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengusulkan kepada Kementerian Pertanian untuk membangun laboratorium kesehatan hewan di NTT guna menangani penyakit flu babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) pada ternak babi.

Hal itu disampaikan Viktor saat menerima audiensi Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Yulius Umbu Hunggar jelang kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pekan depan, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Gubernur Viktor: NTT Punya Sumber Energi Baru Terbarukan yang Sangat Melimpah

"Usulan laboratorium kesehatan hewan ini sebagai upaya penanganan penyakit ASF pada hewan ternak babi di NTT," ujar Viktor dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu malam.

Viktor menilai, keberadaan laboratorium kesehatan hewan ini penting lantaran ternak babi di wilayah NTT banyak yang mati akibat virus ASF beberapa waktu lalu.

Pada 2020 diketahui ribuan babi di NTT mati diserang flu babi Afrika.

Kasus kematian babi saat itu menimbulkan keresahan bagi peternak karena membuat mereka kehilangan sumber pendapatan.

"Kita perlu menyiapkan skenario penanganan penyakit ASF yang bagus agar ternak-ternak babi di NTT bisa terlindungi," katanya.

Selain itu, Viktor juga meminta Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Peternakan NTT agar berkolaborasi dengan stakeholder terkait untuk menyiapkan usulan bio security dan bio industri bagi pertanian NTT kepada Kementerian Pertanian.

Baca juga: Gubernur Viktor Sebut Capaian Vaksin Covid-19 di NTT Baru 27 Persen

 

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang Yulius Umbu Hunggar melaporkan persiapan kunjungan kerja menteri pertanian di NTT pada 29 September mendatang.

Nantinya menteri pertanian akan mengukuhkan jaringan pertanian nasional se-Indonesia secara virtual, kegiatan pelepasan ekspor, dan penandatanganan MoU antara Menteri Pertanian RI dan Timor Leste terkait pengembangan dan pemasaran hasil pertanian.

Selain itu akan dilakukan pula peresmian dan penandatanganan prasasti Instalasi Karantina Hewan Tenau dan menyaksikan penandatanganan MoU BKP kelas I Kupang, SKP kelas II Ende dan Dinas Peternakan Provinsi NTT terkait pengendalian ASF di NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com