Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Ketatnya Seleksi PPPK di Karimun, 995 Pengajar Rebutkan 595 Lowongan Guru

Kompas.com - 15/09/2021, 07:09 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tahap I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Karimun resmi digelar.

Seleksi kompetensi PPPK tahap I ini diikuti sebanyak 995 guru dari Sekolah Negeri di Kabupaten Karimun. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan 595 lowongan untuk tenaga pengajar di Karimun.

Kepala Dinas Pendidikan Karimun Fajar Horison mengatakan, Seleksi Kompetensi PPPK tahap I akan berlangsung selama lima hari di mulai 13- 17 September 2021 mendatang.

"Sehari ada dua sesi. Untuk pelaksanaannya dipusatkan di dua lokasi yakni SMK Negeri 1 Karimun dan SMA Negeri 1 Karimun," kata Fajar melalui telepon, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Seorang Peserta Tes PPPK Guru di Nunukan Muntah Darah dan Meninggal Dunia, 5 Peserta Lain Positif Covid-19

Ia mengatakan, proses seleksi akan berjalan hingga bulan Desember mendatang. Artinya, ada tiga tahap seleksi yang akan digelar untuk memenuhi 595 formasi yang di butuhkan.

"Jadi tahap pertama ini diikuti oleh tenaga pengajar dari sekolah negeri dengan total 995 orang. Sementara untuk tahap II itu akan diikuti oleh peserta yang belum lulus pada tahapan pertama, Guru dari sekolah swasta dan mahasiswa yang baru lulus dan memiliki sertifikat pengajar," jelas Fajar.

"Jadi apabila tahap I ini bagi yang tidak lolos, bisa ikuti tahap II yang akan di gelar Oktober nanti. Apabila kuota belum terpenuhi, kita akan buka tahap III," tambah Fajar.

Baca juga: Tinjau Seleksi PPPK Guru, Bupati Banyuwangi Ingatkan Ancaman Learning Loss Akibat Pandemi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com