Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkab Dharmasraya Targetkan Vaksinasi Pelajar Selesai September, Jokowi Berikan Apresiasi

Kompas.com - 13/09/2021, 20:23 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya Sumatera Barat (Sumbar) menggelar vaksinasi pelajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pulau Punjung, Dharmasraya, Senin (13/9/2021).

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dipantau langsung secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melapor kepada Presiden Jokowi bahwa stok vaksin Pemkab Dharmasraya masih aman.

“Alhamdulillah, (vaksinasi) kami sudah mencapai 35 persen. Vaksinasi tersalur dengan baik berkat kerja sama dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda),” ujar Sutan.

Lebih lanjut, Sutan mengatakan, Pemkab Dharmasraya menargetkan pada September 2021 vaksinasi untuk pelajar sudah selesai.

Baca juga: Jokowi Masuk ke Perkampungan di Klaten, Pantau Vaksinasi Door to Door

Dengan demikian, para pelajar dapat kembali belajar di sekolah secara tatap muka.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi pun memberikan apresiasi atas kinerja Pemkab Dharmasraya.

“Banyak sekali (pelajar yang sudah divaksin). Nanti semuanya setelah divaksin, langsung bisa pembelajaran tatap muka (PTM), asal tidak berada di level 4,” kata Presiden Jokowi.

Ia pun berpesan, agar Pemkab Dharmasraya segera menghabiskan stok vaksin yang ada.

“(Kalau) habis, minta lagi ke Menteri Kesehatan (Menkes). Kalau Menkes tidak mengirim (vaksin), lapor ke saya,” tegas Presiden Jokowi.

Vaksinasi door to door

Pada hari yang sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya Sumatera Barat (Sumbar) menggelar vaksinasi door to door untuk masyarakat.

“Hari ini kami menggelar vaksinasi untuk 2.500 pelajar di Dharmasraya dan juga vaksinasi door to door untuk 3.000 masyarakat,” ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Senin (13/9/2021).

Ia menjelaskan, vaksinasi door to door dilakukan sebagai upaya jemput bola, agar masyarakat tidak kesulitan mengakses vaksin Covid-19.

Pemkab Dharmasraya telah mengerahkan tim vaksinator dari 14 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) untuk melaksanakan vaksinasi door to door.

Baca juga: Vaksinasi Pelajar di Kota Tegal Capai 50 Persen, Jumlah Sekolah Gelar Tatap Muka Akan Ditambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com